35 Tingkatan Processor AMD Seri Terendah Sampai Tertinggi 2022

Tingkatan Processor AMD – Pada saat membahas terkait komputer atau PC, pastinya persoalan tersebut tidak akan pernah lepas dari beberapa komponen dasarnya. Hal ini bukan tanpa alasan, pasalnya sebuah perangkat komputasi akan bekerja secara maksimal tergantung dengan kualitas komponennya.

Salah satu komponen komputer yang memiliki peran penting dalam menjalankan semua sistem operasi di dalam perangkat elektronik tersebut yaitu processor (prosesor). Dimana processor sendiri ialah sebuah perangkat lunak yang memiliki peran untuk memproses instruksi dari komponen komputer lainnya.

Secara sederhana, processor merupakan bagian dari otak komputer sehingga. Sehingga kehadiran processor berkualitas lebih tinggi akan membuat kinerja komputer menjadi lebih baik. Salah satu brand processor terkenal di dunia yang sudah menciptakan produk dengan beragam seri sesuai kebutuhan yaitu AMD.

Oleh karena itu, jika diantara kalian berencana membeli atau merakit komputer menggunakan processor AMD, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu urutan kualitasnya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai tingkatan processor AMD dari generasi ke generasi.

Apa Itu Processor AMD?

Sebelum pembahasan poin utama mengenai tingkatan processor AMD dari terendah sampai tertinggi berlanjut, ada baiknya pahami terlebih dahulu sekilas pengertiannya. Seperti dijelaskan sebelumnya, AMD merupakan salah satu pabrikan atau brand yang hingga kini cukup agresif dalam mengembangkan processor untuk versi komputer, server hingga perangkat.

Dimana AMD merupakan singkatan dari Advanced Micro Devices yang berdiri sebagai perusahaan terkenal dalam memproduksi berbagai macam jenis processor, termasuk dalam memanjakan para gamer. Hal ini dikarenakan processor AMD mempunyai sejumlah keunggulan dalam memaksimalkan kinerja komputer.

Tingkatan Processor AMD

Setelah mengetahui sekilas pengertian processor AMD, selanjutnya kalian juga harus mengerti urutan tingkatan produknya. Sama halnya seperti tingkatan processor HP, semakin tinggi seri processor AMD maka akan semakin bagus pula kualitasnya. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik penjelasan mengenai tingkatan processor AMD berdasarkan generasinya berikut ini, mulai dari seri lama hingga terbaru.

1. Processor AMD K5

Processor AMD K5

AMD pertama kali meluncurkan produk processor pertama kali bernama AMD K5. Akan tetapi, processor AMD hanya menjadi produk alternatif intel dan bukan sebagai produk utamanya. Meskipun demikian, AMD K5 jangan dianggap remeh, pasalnya processor tersebut mampu tersinkronisasi dengan arsitektur komputer bertipe X86.

Dimana fitur tersebut memungkinkan proses komputasi berjalan menjadi lebih cepat. Namun sayangnya, tingkatan processor AMD K5 memiliki sedikit kekurangan. Salah satunya yaitu kompatibilitas motherboard kurang memadai. Pasalnya saat itu pasar processor memang masih dikuasai oleh Intel.

2. Processor AMD K6

Processor AMD K6

Tingkatan processor AMD selanjutnya yaitu diluncurkan guna melengkapi sejumlah kekurangan pada processor seri pertama, yaitu AMD K6. Jadi, processor AMD K6 akhirnya dapat kompatibel untuk berbagai macam jenis motherboard.

Selain itu, performa processor AMD K6 juga lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya. AMD terus melakukan pembaharuan produk-produknya sehingga menghadirkan berbagai macam seri supaya bisa menunjang kebutuhan penggunanya. Berikut adalah beberapa urutan processor AMD K6.

  • AMD K6 seri 1.
  • AMD K6 seri 2.
  • AMD K6 seri 3.

3. Processor AMD Duron

Processor AMD Duron

Tingkatan processor AMD selanjutnya yaitu Duron. Perlu diketahui, sebelum berganti nama menjadi AMD Duron, sebenarnya processor AMD seri ini bertajuk Spitfire. Dimana processor AMD Duron sendiri dikenal dengan keunggulan melalui kecepatannya. Bahkan, processor AMD Duron disebut-sebut sebagai perangkat paling cepat pada zamannya, karena sudah menggunakan core Thunebird.

4. Processor AMD Athlon

Processor AMD Athlon

Tidak hanya berhenti pada AMD Duron saja, perusahaan tersebut kembali merilis produk terbarunya bernama Athlon. Dibandingkan seri sebelumnya, tingkatan processor AMD Athlon memiliki perkembangan cukup signifikan.

Processor AMD Athlon memiliki kemampuan menonjol melalui teknologi multi-processor yang memungkinkan sebuah perangkat seperti komputer menggunakan 2 processor Athlon sekaligus. Menariknya lagi, pada saat itu processor AMD Athlon menjadi pesaing utama Intel Pentium 3.

5. Processor AMD Athlon 64 X2

Processor AMD Athlon 64 X2

Setelah sukses lewat launching Athlon, AMD kembali meluncurkan inovasi terbarunya dengan menghadirkan urutan processor AMD seri kedua, yaitu Athlon 64 X2. Tidak hanya sekedar mengganti nama, namun AMD juga memberikan beberapa fitur terbaru sehingga mampu sinkronisasi dengan komputer 64 bit.

6. Processor AMD Athlon 64 FX

Processor AMD Athlon 64 FX

Masih dengan processor seri Athlon, perusahaan AMD juga kembali mengembangkan produk tersebut dengan performa luar biasa bagi komputer 64 bit ataupun 32 bit, yaitu AMD Athlon 64 FX. Menariknya lagi, tingkatan processor AMD Athlon 64 FX sudah menggunakan antivirus canggih bernama Enhanced Virus Protection (EVP).

Teknologi tersebut mampu mendeteksi file maupun program yang terserang virus sehingga processor tidak akan memprosesnya. Oleh sebab itu, fitur EVP sangat bermanfaat bagi para pengguna komputer yang kesehariannya bergelut dengan aplikasi gratis tingkat tinggi, entah itu desain grafis ataupun video editor.

7. Processor AMD Sempron

Processor AMD Sempron

Berkat fitur EVP pada processor AMD 64 FX, perusahaan tersebut juga semakin populer dan bahkan mampu menyaingi Intel. Bersamaan peluncuran AMD 64 FX, brand ternama ini juga merilis seri terbaru bernama Sempron. Pada awalnya, processor AMD Sempron diluncurkan untuk menggantikan AMD Duron. Sebab, AMD Sempron memang difungsikan untuk komputer dengan sistem operasi 32 bit.

8. Processor AMD 64 V2 Dual Core

AMD 64 V2 Dual Core

Mungkin beberapa orang mengetahui bahwa AMD pernah bersaing dengan Intel dalam mengeluarkan produk processor Dual Core. Nah, pada saat itu, AMD mengeluarkan produk processor bernama AMD 64 V2 Dual Core. Perbedaan paling terlihat antara kedua produk tersebut yaitu ada pada kompatibilitasnya, karena lebih dikhususkan untuk komputer 64 bit serta pada pengguna multimedia.

9. Processor AMD Opteron

AMD Opteron

Tingkatan processor AMD selanjutnya memang pada dasarnya diluncurkan untuk menandingi Intel Xeon. Processor bernama AMD Opteron menjadi sebuah produk pembaharuan bagi generasi-generasi sebelumnya. Hal ini bukan tanpa alasan, pasalnya AMD Opteron tidak hanya kompatibel untuk PC server saja, namun juga kompatibel untuk jenis komputer workstation.

10. Processor AMD Cadiz

AMD Cadiz

AMD Cadiz menjadi tingkat generasi processor selanjutnya. Salah satu keunggulan processor AMD Cadiz yaitu performanya sudah dilengkapi teknologi 4 core. Selain itu, AMD Cadiz juga sudah didukung oleh beberapa fitur menarik lainnya seperti DDR2/3, Hypertransport 3 serta Shared L2 cache.

11. Processor AMD Orochi Bulldozer

AMD Orochi Bulldozer

Tingkatan processor AMD terakhir yaitu ada AMD Orochi. Dimana AMD Orochi digadang-gadang menjadi processor AMD terbaik. Processor AMD Orochi juga termasuk keluaran AMD terbaru pada pasar kelas menengah ke atas. Pasalnya, processor berarsitektur Bulldozer tersebut memang dikhususkan bagi perangkat komputer menengah ke atas dengan spesifikasi super tinggi.

Sebagai informasi tambahan, hingga kini AMD masih menjadi primadona bagi sebagian besar orang yang menginginkan performa tinggi dengan harga relatif terjangkau. Bahkan AMD saat ini sudah mengeluarkan produk Ryzen yang sudah banyak digunakan mulai dari laptop bisnis, gaming hingga server.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa seiring berjalannya waktu, AMD terus melakukan pembaharuan produk processor. Tidak hanya meluncurkan produk-produk baru saja, namun AMD juga konsisten berinovasi dengan berbagai macam teknologi terkini guna menunjang komputasi menjadi lebih canggih dan efisien.

Demikian sekiranya penjelasan Magiorom.com seputar tingkatan processor AMD terbaik mulai dari terendah sampai tertinggi. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak menggunakan salah satu seri processor AMD sesuai kebutuhan dan keinginan..

Tinggalkan komentar