Laptop Tidak Bisa Mendeteksi WiFi ? 17 Penyebab & Cara Mengatasi!!

Laptop Tidak Bisa Mendeteksi WiFi – Seiring berkembang pesatnya teknologi digital seperti sekarang ini, penggunaan gadget semakin marak digunakan oleh hampir seluruh kalangan masyarakat di Indonesia. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya hadirnya gadget semakin memudahkan penggunanya dalam melakukan berbagai macam kegiatan, terutama aktivitas yang berhubungan dengan koneksi jaringan internet.

Meskipun gadget mempunyai segudang manfaat bagi para penggunanya, namun bukan berarti perangkat elektronik tersebut tidak mempunyai kekurangan sama sekali, salah satunya laptop. Dimana terdapat beberapa kasus pengguna laptop yang mengeluhkan bahwa perangkat yang mereka miliki tidak bisa membaca atau menemukan jaringan WiFi di sekitarnya.

Pastinya permasalahan tersebut akan sangat menjengkelkan, terlebih lagi jika kalian sedang dalam keadaan genting atau darurat dan mengharuskan laptop terhubung ke dalam koneksi jaringan internet. Perlu diketahui, sebenarnya laptop yang tidak dapat mendeteksi jaringan WiFi tersebut dapat disebabkan oleh sejumlah hal, entah itu dari segi kesalahan software ataupun karena kelalaian penggunanya.

Maka dari itu, apabila kalian mengalami permasalahan serupa di atas terkait laptop tidak menemukan jaringan WiFi, ada baiknya cari tahu apa saja faktor penyebabnya. Selain itu, di bawah ini juga akan kami jelaskan secara lengkap bagaimana cara mengatasi laptop tidak bisa mendeteksi WiFi, entah pada Windows 7, 8 ataupun 10.

Penyebab Laptop Tidak Bisa Mendeteksi WiFi

Penyebab Laptop Tidak Bisa Mendeteksi WiFi

Perlu diketahui, sebenarnya hampir semua merk laptop saat ini sudah dilengkapi dengan fitur konektivitas nirkabel. Meskipun demikian, terkadang fitur tersebut tidak dapat digunakan sehingga perangkat laptop tidak bisa membaca serta menemukan jaringan WiFi sama sekali.

Seperti dijelaskan sebelumnya, laptop tidak bisa mendeteksi WiFi dapat disebabkan oleh sejumlah hal, baik dari segi internal (permasalahan software) ataupun eksternal (kelalaian pengguna). Agar lebih jelasnya, di bawah ini adalah sejumlah penyebab laptop tidak dapat mendeteksi jaringan WiFi di sekitar.

  • WiFi di laptop belum dinyalakan.
  • Driver di laptop tidak bisa bekerja secara maksimal.
  • Laptop berada dalam mode pesawat (airplane).
  • Jaringan WiFi terlalu jauh dengan laptop sehingga tidak terdeteksi.
  • Laptop terjangkit virus.
  • Adanya kerusakan pada wireless network adapter.
  • Router atau modem WiFi bermasalah.
  • WiFi kelebihan pengguna.

Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Mendeteksi WiFi

Sebagaimana sudah kami singgung sebelumnya, semua permasalahan pada gadget khususnya laptop pastinya terdapat sebuah solusi untuk mengatasinya. Dimana solusi untuk mengatasi laptop tidak bisa mendeteksi WiFi sendiri sebenarnya dapat dilakukan dengan cara memperhatikan penyebab permasalahannya.

Memang benar adanya bahwa untuk mengatasi laptop tidak bisa mendeteksi WiFi tidak segampang saat melihat password WiFi di Google Chrome. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik solusi atau tata cara mengatasi laptop tidak bisa mendeteksi WiFi berikut ini, entah pada Windows 7, 8 maupun 10.

1. Aktifkan WiFi di Laptop

Aktifkan WiFi di Laptop

Cara mengatasi pertama yaitu dengan mengaktifkan fitur WiFi di laptop. Mungkin saja kalian lupa menekan tombol untuk menyalakan WiFi, atau mungkin karena laptop sedang dalam mode pesawat (airplane). Jadi, pastikan bahwa kalian sudah mengaktifkan fitur WiFi terlebih dahulu di laptop.

2. Aktifkan Wireless Adaptor di Laptop

Cara mengatasi laptop tidak bisa mendeteksi WiFi selanjutnya yaitu mengaktifkan wireless adaptor di perangkat. Sebenarnya ada cara mudah untuk mengaktifkan wireless adapter di laptop, yaitu dengan menekan tombol kombinasi Fn+F3 secara bersamaan. Namun, jika cara tersebut tidak berhasil, sebaiknya ikuti beberapa langkah berikut ini.

1. Pertama-tama, silahkan pergi ke Control Panel dan pilihlah Network and Sharing Center.

Pilihlah Network and Sharing Center

2. Selanjutnya, klik Change Adapter Settings.

Klik Change Adapter Settings

3. Setelah itu, klik kanan pada pilihan WiFi lalu ketuk Enable.

Ketuk Enable

3. Install Ulang Driver WiFi Laptop

Sebagai informasi tambahan, driver ialah sebuah aplikasi atau software yang sangat penting di perangkat laptop. Dimana software tersebut berguna untuk mengendalikan komponen yang terhubung pada laptop. Apabila driver tersebut tidak terinstall, maka komponen yang ada di laptop pastinya tidak bekerja secara maksimal.

Jadi, kemungkinan besar WiFi di laptop mati karena driver sedang bermasalah. Maka dari itu, cara untuk mengatasinya yaitu dengan menginstall ulang driver tersebut. Adapun tahapan-tahapan install ulang driver WiFi untuk mengatasi laptop tidak mendeteksi jaringan tersebut diantaranya yaitu seperti berikut ini.

1. Silahkan pergi ke menu Control Panel, kemudian klik Device Manager.

Klik Device Manager

2. Kemudian cari driver WiFi di laptop. Jika sudah, silahkan klik Unistall dan install kembali.

Klik Unistall

4. Setting Ulang IP Address di Laptop

Kemudian solusi mengatasi laptop tidak mendeteksi WiFi selanjutnya yaitu mengatur atau setting ulang IP Address. Langkah-langkah mengaturnya sendiri sebenarnya hampir sama seperti pada poin nomor 2. Daripada penasaran, berikut adalah langkah-langkah setting ulang IP Address di laptop.

1. Langkah pertama, klik kanan pada pengaturan WiFi di laptop, lalu pilihlah Properties.

Pilihlah Properties

2. Kemudian, pilihlah Internet Protocol Version 4(TCP/IPv4).

Pilihlah Internet Protocol Version 4TCP IPv4

3. Selanjutnya pilih Obtain an IP Address Automaticallu dan Obtain an DNS server address automatically.

Atur Settingan

5. Membersihkan Virus di Laptop

Membersihkan Virus di Laptop

Selain karena kelalaian pengguna, laptop tidak bisa mendeteksi WiFi juga dapat disebabkan karena adanya sebuah permasalahan internal, salah satunya yaitu virus. Dimana virus sendiri bisa menjadi salah satu alasan mengapa perangkat laptop tidak bekerja secara optimal sebagaimana harusnya.

Tidak hanya itu, apabila laptop terserang virus maka kemampuan untuk bisa tetap terhubung ke dalam sebuah jaringan entah melalui kabel ataupun nirkabel juga dapat terganggu. Untuk menghapus dan membersihkan virus yang menjadi penyebab laptop tidak mendeteksi WiFi tersebut, kalian bisa memanfaatkan Windows Defender, baik itu di Windows 8 maupun 10.

Jika WiFi tidak terdeteksi di laptop Windows 7 karena adanya sebuah virus, kalian bisa menggunakan antivirus lain seperti AVG, Avast serta McAfee. Namun, sebelum melakukan langkah-langkahnya, pastikan kalian sudah mematikan antivirus di Windows 7 terlebih dahulu.

6. Restart Laptop & Roter WiFi

Restart Laptop Roter WiFi

Solusi untuk mengatasi laptop tidak bisa mendeteksi WiFi yaitu dengan merestart perangkat laptop ataupun router jaringan WiFi-nya. Namun, perlu diingat bahwa cara ini dapat kalian lakukan apabila semua solusi di atas sudah dilakukan namun tetap saja tidak membuahkan hasil. Melalui kegiatan merestart laptop dan router atau modem WiFi ini, diharapkan semua sistem akan berjalan secara normal kembali.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa perangkat laptop yang tidak menemukan atau membaca jaringan WiFi dapat disebabkan oleh sejumlah hal, baik dari segi kesalahan internal ataupun eksternal karena kelalaian penggunanya. Meskipun demikian, tetap saja bahwa semua permasalahan pada laptop pasti memiliki sebuah solusi untuk mengatasinya, asalkan mengetahui tahapan-tahapannya.

Demikian sekiranya penjelasan dari Magiorom.com seputar penyebab hingga cara mengatasi laptop tidak mendeteksi WiFi di Windows 7, 8 ataupun 10. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin memperbaiki laptop tidak bisa membaca serta menemukan jaringan WiFi di sekitar.

Tinggalkan komentar