22 Cara Pasang WiFi di Kampung 2022 : Syarat & Biaya Instalasi

Cara Pasang WiFi di Kampung – Sebagaimana diketahui, saat ini koneksi jaringan internet sudah menjadi salah satu kebutuhan dasar bagi semua orang, entah itu bagi yang tinggal di perkotaan maupun perkampungan atau pedesaan. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya hampir semua kegiatan sehari-hari harus dilakukan secara online, mulai dari bekerja, belajar, mencari informasi, mencari hiburan dan lain sebagainya.

Seiring dengan meningkatnya kebutuhan koneksi jaringan internet tersebut membuat beberapa perusahaan penyedia layanan internet ISP (Internet Service Provider) di Indonesia mulai berlomba-lomba untuk menghadirkan sebuah produk, salah satunya yaitu internet rumahan atau biasa dikenal dengan sebutan WiFi. Bahkan layanan tersebut tidak hanya hadir di kota-kota besar saja, namun juga sudah tersedia di perkampungan.

Terlebih lagi kini pengajuan permohonan penyambungan WiFi baru di kampung terbilang mudah dilakukan, asalkan calon pelanggan memenuhi semua syarat beserta ketentuannya. Meskipun demikian, masih ada saja beberapa warga kampung yang mengeluhkan bahwa mereka masih kebingungan bagaimana langkah-langkah memasang WiFi di rumah.

Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap bagaimana cara pasang WiFi di kampung untuk beberapa jenis perusahaan, mulai dari IndiHome, Biznet, GIG Indosat, XL Home, Iconnect dan lain sebagainya. Selain itu, di bawah ini juga akan kami bahas secara lengkap besaran biaya pemasangan atau penyambungan baru internet rumah di kampung.

Keuntungan Pasang WiFi di Kampung

Memang benar bahwa beberapa perusahaan operator atau provider di Indonesia sudah menyediakan kartu perdana yang dapat digunakan untuk mengakses koneksi jaringan internet di smartphone. Dimana untuk bisa mengakses jaringan internet melalui kartu perdana di smartphone tentunya kalian harus memiliki kuota atau paket data.

Bahkan sebelumnya juga sudah kami jelaskan mengenai tips mengubah kuota malam menjadi kuota utama sehingga dapat digunakan pada saat siang hari. Namun sayangnya, biasanya kuota data pada kartu perdana kerap memiliki batas kecepatan sehingga seringkali membuat penggunanya merasa jengkel karena lelet atau lemot, terlebih lagi di kampung yang rata-rata sinyal jaringannya kurang stabil.

Maka dari itu, pemasangan WiFi bisa menjadi salah satu alternatif untuk mendapatkan koneksi jaringan internet yang lancar dan stabil. Pasalnya, WiFi sendiri menawarkan berbagai macam keuntungan bagi para penggunanya. Nah, sebelum pembahasan utama mengenai cara pasang WiFi di kampung lebih lanjut, ada baiknya cari tahu beberapa keuntungannya di bawah ini.

  • Memenuhi kebutuhan jaringan internet di rumah.
  • Bisa membantu masyarakat sekitar yang tidak memiliki koneksi internet.
  • Dapat dijadikan sebagai ladang bisnis tambahan.
  • WiFi dinilai lebih hemat dibandingkan paket atau kuota internet pada kartu perdana.
  • Pemilik dapat dengan bebas mengakses internet selama 24 jam penuh.

Syarat Pasang WiFi di Kampung

Seperti dijelaskan sebelumnya, ketika seseorang hendak memasang WiFi di rumah atau kampung, mereka pastinya harus memenuhi beberapa syarat dan ketentuannya. Adapun syarat beserta ketentuan pasang WiFi di kampung tersebut diantaranya yaitu seperti berikut ini.

  • Mempersiapkan dokumen identitas pribadi seperti KTP.
  • Mempersiapkan alamat atau lokasi rumah di kampung.
  • Mempersiapkan nomor HP dan alamat email yang masih aktif.
  • Mempersiapkan anggaran biaya pasang WiFi di kampung.
  • Mempersiapkan lokasi pemasangan router WiFi.
  • Mempersiapkan foto rumah yang akan dipasangi WiFi.
  • Memilih paket WiFi sesuai keinginan dan kebutuhan.

Cara Pasang WiFi di Kampung

Cara Pemasangan WiFi di Kampung

Setelah memenuhi beberapa syarat pasang WiFi di atas dan memutuskan untuk mengajukan permohonan penyambungan, kalian juga harus mengerti bagaimana langkah-langkah melakukannya. Sekedar informasi, sebenarnya tidak semua jaringan ISP sudah tersedia di semua wilayah, terlebih lagi di kampung yang terbilang kurang strategis.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya WiFi sendiri pada awalnya ditujukan bagi masyarakat yang tinggal di perkotaan. Meskipun demikian, jangan khawatir karena saat ini IndiHome milik PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) sudah mulai meluaskan jaringan internet rumah mereka, bahkan sampai ke perkampungan atau pedesaan.

Oleh karena itulah mengapa kami sangat merekomendasikan kalian yang tinggal di kampung untuk mengajukan permohonan penyambungan WiFi IndiHome. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik cara pasang WiFi di kampung secara offline atau mengunjungi kantor IndiHome berikut ini.

1. Kunjungi Kantor Telkom Terdekat

Cara pertama, silahkan kunjungi kantor atau Plasa Telkom terdekat di daerah kalian. Hal ini dikarenakan IndiHome sendiri merupakan sebuah produk perusahaan dari PT Telekomunikasi Indonesia yang menyediakan layanan WiFi.

2. Temui Customer Service

Setelah sampai di kantor Telkom daerah setempat, silahkan temui petugas atau customer service. Cara selanjutnya, silahkan utarakan maksud dan tujuan kalian untuk pengajuan pemasangan WiFi baru di kampung.

3. Mengisi Formulir Pasang Baru WiFi

Lalu, biasanya petugas akan meminta beberapa dokumen sebagai data identitas pelanggan seperti KTP, nomor HP, alamat email hingga peta lokasi rumah di kampung. Selain itu, kalian juga nantinya akan diminta untuk mengisi formulir pasang baru WiFi IndiHome di kampung.

Pada tahap ini, petugas juga biasanya akan menawarkan beberapa jenis pilihan paket WiFi IndiHome dan kalian diminta untuk memilih salah satunya. Selain itu, petugas nantinya juga akan memberikan informasi secara rinci mengenai harga paket, biaya pasang, deposit hingga jadwal instalasi di kampung.

4. Tunggu Survei Lokasi

Apabila semua data permohonan pengajuan pasang baru WiFi di kampung di terima, maka pihak Telkom akan segera melakukan survei lokasi. Jika lokasi sudah memenuhi beberapa ketentuan seperti tercakup ke dalam area coverage IndiHome, maka petugas akan mempertimbangkan pengajuannya.

5. Proses Instalasi WiFi di Kampung

Apabila proses pengajuan pasang baru WiFi di kampung di terima, maka cara terakhir petugas akan mulai memasang atau instalasi perangkatnya. Nantinya kalian diminta untuk melunasi biaya pasang WiFi di kampung sesuai ketentuannya. Jika sudah sampai pada tahap ini, maka cara pasang WiFi di kampung berhasil dilakukan.

Biaya Pasang WiFi di Kampung

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai cara pasang WiFi di kampung dilengkapi syarat beserta ketentuannya. Seperti sudah kami singgung sebelumnya, ketika seseorang memasang WiFi di kampung, tentunya mereka diwajibkan membayar biaya pemasangan ataupun instalasinya.

Untungnya kini biaya pasang WiFi di kampung terbilang cukup murah. Dimana kalian nantinya akan diminta untuk menyerahkan sejumlah biaya deposit mulai dari Rp 160.000. Selain itu, kalian juga nantinya perlu menyerahkan sejumlah biaya sesuai dengan harga paket WiFi atau internetnya.

Maka dari itu, saran kami ketika hendak berlangganan atau memasang WiFi di kampung, sebaiknya siapkan anggaran dana kurang lebih sekitar Rp 600.000. Dimana di dalam besaran biaya tersebut biasanya sudah mencakup biaya deposit, biaya instalasi, biaya tagihan bulan pertama dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa pemasangan WiFi di kampung sebenarnya cukup mudah dilakukan, asalkan mengetahui tahapan-tahapannya. Namun, ketika memutuskan berlangganan WiFi, sebaiknya siapkan anggaran dana terlebih dahulu guna membayar biaya instalasi atau pemasangannya.

Demikian sekiranya pembahasan dari Magiorom.com seputar cara pasang WiFi di kampung dilengkapi dengan syarat hingga biaya instalasinya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin memasang WiFi di kampung.

Tinggalkan komentar