7 Cara Menormalkan Warna Printer Epson yang Tidak Sempurna

Cara Menormalkan Warna Printer Epson – Biasanya, ketika kalian akan mencetak dokumen berwarna atau mencetak foto menggunakan printer pastinya membutuhkan kesempurnaan warna pada hasil cetakannya. Namun, terdapat beberapa masalah yang kerap dialami oleh seseorang seperti warna tidak normal atau muncul garis-garis.

Seperti diketahui, tinta keluar tidak sempurna mungkin menjadi salah satu masalah yang paling sering dialami oleh mesin pencetak atau printer, entah itu di perkantoran ataupun toko percetakan. Dimana permasalahan tersebut dapat muncul karena berbagai macam faktor, terutama karena adanya masalah di dalam mesin printer.

Secara garis besar, masalah tersebut seringkali dialami oleh semua jenis dan merk printer, termasuk Epson. Meskipun cukup merepotkan, namun ternyata masih ada beberapa solusi untuk mengatasinya. Namun sayangnya, beberapa orang mengeluhkan bahwa mereka kebingungan bagaimana cara untuk mengatasinya.

Maka dari itu, apabila kalian berencana mengatasi warna printer Epson bermasalah atau tidak normal seperti biasanya, sebaiknya pahami beberapa cara memperbaikinya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap bagaimana cara menormalkan warna printer Epson untuk semua seri dilengkapi penyebab permasalahannya.

Penyebab Warna Printer Epson Tidak Sempurna

Sebelum pembahasan utama mengenai cara menormalkan warna printer Epson berlanjut, alangkah baiknya pahami terlebih dahulu beberapa penyebab permasalahannya. Seperti dijelaskan sebelumnya, salah satu penyebab masalah warna printer Epson kurang sempurna yaitu karena adanya permasalahan dari dalam mesin.

Daripada penasaran, di bawah ini adalah sejumlah penyebab kenapa warna printer Epson keluar tidak normal ataupun kurang sempurna.

  • Cartridge atau ciss terjadi kekosongan tinta.
  • Terdapat terlalu banyak rongga udara di dalam cartridge.
  • Head mampet atau tersumbat.
  • Lubang-lubang noozle tertutupi kotoran.
  • Head cacat fisik atau rusak.
  • Nozzle patah.

Cara Menormalkan Warna Printer Epson

Setelah mengetahui beberapa penyebab warna printer Epson tidak normal atau kurang sempurna, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana tata cara mengatasinya. Agar lebih jelasnya, langsung saja simak baik-baik cara menormalkan warna printer Epson untuk semua jenis dan seri berikut ini.

1. Maintenance Printer Epson

Maintenance Printer Epson

Cara menormalkan warna printer Epson pertama yaitu melakukan maintenance. Sebelum melakukannya, pastikan printer Epson sudah tersambung secara sempurna dengan komputer. Jika sudah, silahkan ikuti beberapa langkah maintenance printer Epson di bawah ini.

  1. Buka salah satu dokumen, entah itu dari Microsoft Word atau Microsoft Excel.
  2. Kemudian cetak dengan cara menekan tombol CTRL + P.
  3. Apabila jendela print terbuka, ketuk Properties lalu tekan tab Maintenance.
  4. Cara berikutnya pilih cleaning dan pilih All Colors, kemudian tekan Execute.
  5. Tunggulah beberapa saat sampai proses cleaning selesai dilakukan.
  6. Apabila sudah selesai, klik OK.

2. Nozzle Check Printer Epson

Nozzle Check Printer Epson

Seperti diketahui, Nozzle Check memang memegang peranan penting supaya hasil warna cetakan printer Epson menjadi normal dan sempurna. Pasalnya, Nozzle merupakan sebuah komponen pada printer Epson yang berguna menyemburkan tinta saat proses pencetakan dilakukan. Berikut adalah cara mudah dalam melakukan nozzle check.

  1. Sambungkan printer Epson dengan komputer.
  2. Kemudian buka dokumen lalu print dengan menekan CTRL + P.
  3. Setelah jendela print terbuka, silahkan klik Properties kemudian pilih Maintenance dan klik Nozle Check.
  4. Cara berikutnya klik Check Print Pattern serta tunggulah sampai printer Epson mencetak kertas dalam beberapa warna.
  5. Silahkan cek hasil cetakan, apakah masih ada warna yang kurang sempurna atau tidak.
  6. Biasanya setelah dilakukan cleaning, hasil dari Nozzle Check seharusnya sudah normal kembali.

3. Deep Celaning Printer Epson

Deep Celaning Printer Epson

Apabila kedua cara di atas masih belum bisa untuk menormalkan warna printer Epson, maka solusi selanjutnya yaitu melakukan Deep Cleaning. Tata cara melakukannya sendiri sebenarnya hampir sama seperti saat Meintenance printer Epson, diantaranya yaitu seperti berikut ini.

  1. Buka dokumen kemudian cetak dengan menekan CTRL + P di keyboard.
  2. Setelah masuk jendela print, pilih Properties > Maintenance > Deep Cleaning.
  3. Kemudian pilih All Colors dan ketuk Execute.
  4. Silahkan tunggu proses Deep Cleaning Printer Epson sampai selesai.
  5. Apabila sudah selesai, silahkan lakukan kembali Nozzle Check seperti pada poin sebelumnya.

4. Rendam Cartridge Printer Epson

Rendam Cartridge Printer Epson

Apabila warna printer Epson kurang sempurna karena adanya permasalahan seperti tinta di dalam cartridge membeku, maka kalian bisa menormalkan kembali dengan merendamnya ke dalam air panas. Tata cara melakukannya yaitu rendam cartridge printer Epson di dalam air panas selama 5 sampai 10 menit.

Apabila sudah, silahkan keringkan cartridge menggunakan tisu ataupun kain lembut. Jika sudah kering, pasang cartridge kembali ke dalam printer dan pastikan terpasang dengan sempurna. Cara berikutnya, cobalah cetak dokumen untuk mengecek apakah warna printer Epson sudah normal atau belum.

5. Bersihkan Encoder Printer Epson

Bersihkan Encoder Printer Epson

Membersihkan Encoder juga menjadi salah satu cara yang kami rekomendasikan untuk kalian lakukan ketika ingin menormalkan warna tinta printer Epson. Dimana Encoder sendiri merupakan sebuah benda panjang seperti mika yang terdapat di bagian belakang cartridge dengan fungsi sebagai sensor.

Maka dari itu, Encoder sangat berpengaruh terhadap normal atau tidaknya warna tinta dari hasil cetakan pada sebuah dokumen. Apabila warna tinta tidak normal atau kurang sempurna, maka kalian perlu mengecek kondisi Encoder. Jika memang sudah kotor, silahkan bersihkan menggunakan tisu atau kain lembut.

6. Tingkatkan Kualitas Print

Tingkatkan Kualitas Print

Seperti sudah disinggung sebelumnya, hampir semua printer Epson sudah dilengkapi dengan berbagai macam fitur yang menguntungkan bagi penggunanya, termasuk printer Epson dibawah 1 jutaan. Dimana di dalam printer Epson terdapat sebuah fitur yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas cetakan.

Pada intinya, ketika kualitas cetakan printer Epson ditingkatkan, maka warna tinta secara otomatis akan ikut kembali normal dan sempurna seperti sedia kala. Tata cara meningkatkan kualitas print juga sangat mudah, yaitu sebagai berikut ini.

  1. Buka dokumen kemudian cetak dengan cara menekan tombol CTRL + P.
  2. Kemudian pilih Properties dan pilih High pada opsi Print Quality.
  3. Cara berikutnya klik OK untuk menyimpannya.
  4. langkah terakhir, klik Print untuk mencetak dokumen tersebut.

7. Bawa Printer Epson ke Teknisi

Bawa Printer ke Teknisi

Membawa mesin cetak ke tukang service ataupun teknisi mungkin menjadi cara menormalkan warna printer Epson terakhir apabila beberapa solusi di atas memang tidak bisa menangani permasalahannya. Saat ini teknisi printer juga sudah tersedia hampir di seluruh kota di Indonesia. Akan tetapi, kalian perlu mempersiapkan anggaran biaya untuk ongkos jasa perbaikannya.

Kesimpulan

Demikian sekiranya penjelasan dari Magiorom.com seputar cara menormalkan warna printer Epson untuk semua jenis dan seri dilengkapi penyebab permasalahannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin mengatasi warna tinta printer Epson tidak sempurna.

Tinggalkan komentar