10 Cara Mengcopy SMS Semua Operator 2022 : Gratis & Tanpa Aplikasi

Cara Mengcopy SMS – Sudah bukan rahasia lagi bahwa teknik mengcopy SMS masuk ataupun keluar dari HP seseorang saat ini terbilang mudah untuk dilakukan. Bahkan cara tersebut kini tidak hanya dapat dilakukan melalui internet saja, namun juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan fitur yang sudah disediakan oleh masing-masing provider ataupun aplikasi pihak ketiga.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya dengan perkembangan teknologi seperti sekarang ini semakin memudahkan masyarakat dalam melakukan berbagai macam kegiatan, termasuk mengcopy atau menyadap pesan. Akan tetapi, masih ada sebagian orang di luar sana mengeluhkan bahwa mereka merasa bingung bagaimana tata cara melakukannya.

Secara garis besar, supaya bisa menyalin pesan SMS dari HP seseorang kemudian meneruskannya ke perangkat lain, maka kalian membutuhkan akses dari perangkat yang akan disadap. Terlebih lagi beberapa perusahaan operator seluler besar di Indonesia seperti Telkomsel, XL, Indosat Ooredoo dan lain sebagainya kini sudah menyediakan fitur tersebut.

Maka dari itu, apabila kalian berencana menyalin pesan SMS dari HP seseorang, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu bagaimana tata cara melakukannya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai cara mengcopy SMS di HP Android dan iOS secara gratis, entah itu melalui aplikasi ataupun tanpa aplikasi.

Cara Mengcopy SMS Tanpa Aplikasi

Perlu diketahui, selain untuk mengamankan pasangan dari kemungkinan buruk, mengcopy SMS juga dapat dilakukan oleh para orang tua guna memantau penggunaan gadget anak-anaknya. Dengan begitu, maka pergaulan anak dapat terus terjaga dan terkontrol secara baik setiap harinya.

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, saat ini beberapa perusahaan penyedia operator seluler di Indonesia sudah menyediakan fitur forward pesan SMS kepada para penggunanya, salah satunya yaitu Telkomsel dengan nomor awalan 0821. Akan tetapi, supaya proses menyadap SMS tersebut dapat berhasil, tentunya kalian perlu memenuhi beberapa syarat dan ketentuannya.

Salah satu syarat utama supaya proses forward SMS Telkomsel dapat berhasil yaitu HP target harus memiliki pulsa operator seluler. Dimana setiap forward SMS Telkomsel akan dikenai biaya berupa pemotongan pulsa sebesar Rp 265 per SMS. Daripada penasaran, di bawah ini akan kami jelaskan secara lengkap bagaimana cara mengcopy SMS Telkomsel tanpa aplikasi tambahan.

1. Masukkan Kode Dial Forward SMS

Masukkan Kode Dial Forward SMS

Pertama-tama, silahkan buka menu Panggilan di smartphone kalian, entah itu di Android ataupun iOS. Jika sudah masuk, masukkan kode dial forward SMS Telkomsel di *500*22#, kemudian klik Panggil.

2. Pilih Auto Copy

Pilih Auto Copy

Setelah itu, kalian akan mendapatkan notifikasi yang berisikan beberapa opsi. Karena disini kalian akan mengcopy SMS Telkomsel, maka silahkan pilih dan ketik angka 2 untuk Auto Copy. Jika sudah, ketuk Kirimkan.

3. Pilih Aktifkan

Pilih Aktifkan

Kemudian akan muncul kembali pemberitahuan mengenai fitur Auto Copy SMS. Dimana SMS yang diterima pada nomor target akan otomatis dikirimkan juga ke nomor terdaftar. Untuk melanjutkannya, silahkan masukkan angka 1 untuk Aktifkan, lalu pilih Kirimkan.

4. Daftarkan Nomor Penerima

Daftarkan Nomor Penerima

Tahap berikutnya, kalian akan mendapatkan pesan SMS dari nomor 2255 yang berisikan pendaftaran nomor HP penerima. Cara terakhir, silahkan ketik YTAM <spasi> nomor penerima. Contoh : YTAM 082138123123. Apabila sudah sampai pada tahap ini, maka semua SMS juga terkirim secara otomatis ke nomor penerima tersebut.

Catatan : Layanan dari Telkomsel di atas akan dikenai biaya berupa pemotongan pulsa sebesar Rp 265 per SMS.

Cara Mengcopy SMS Gratis

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap bagaimana cara mengcopy SMS khusus untuk operator Telkomsel. Akan tetapi, sayangnya layanan ataupun fitur dari Telkomsel tersebut akan membebankan pelanggannya biaya administrasi tambahan berupa pemotongan pulsa setiap SMS yang terkirim.

Nah, apabila ingin menyadap pesan SMS dari HP target ke penerima secara gratis, kalian bisa melakukannya dengan cara memanfaatkan aplikasi pihak ketiga. Dimana di HP Andorid sendiri saat ini sudah tersedia cukup banyak jenis aplikasi yang bisa digunakan untuk mengcopy SMS, mulai dari SMS Forwarder, SMS Backup+, The Truth Spy dan lain sebagainya.

Namun, perlu diingat bahwa agar cara tersebut dapat berhasil, maka kedua perangkat harus memiliki aplikasinya, entah itu HP target ataupun penerima. Agar lebih jelasnya, di bawah ini akan kami berikan pembahasan mengenai tata cara mengcopy SMS menggunakan aplikasi SMS Forwarder.

1. Download SMS Forwarder

Download SMS Forwarder

Cara pertama, silahkan download aplikasi SMS Forwarder di Google Play Store HP Android. Aplikasi tersebut hanya membutuhkan kapasitas penyimpanan telepon sebesar 6,5 MB saja.

2. Buka SMS Forwarder

Buka SMS Forwarder

Apabila sudah berhasil diinstall di perangkat, silahkan jalankan SMS Forwarder. Biasanya saat pertama kali membukanya, kalian akan mendapatkan sebuah permintaan izin untuk beberapa akses dari SMS Forwarder ke perangkat.

3. Ketuk Menu Forwarder

Ketuk Menu Forwarder

Tunggu beberapa saat sampai SMS Forwarder terhubung dengan fitur pesan default di perangkat Android. Setelah semua pesan SMS muncul, cara berikutnya silahkan tekan tombol Forwarder di bagian pojok kanan atas layar.

4. Tambahkan Pengaturan

Tambahkan Pengaturan

Kemudian pada kolom Rules, silahkan ketuk ikon tambah (+) di bagian pojok kanan bawah layar smartphone. Setelah itu, silahkan pilih salah satu jenis forward SMS, entah itu dalam bentuk pesan ataupun email.

5. Masukkan Data Copy SMS

Masukkan Data Copy SMS

Nantinya secara otomatis halaman akan menampilkan pengisian data penyalinan SMS dari salah satu nomor HP ke nomor HP lainnya. Kalian juga bisa menambahkan sebuah subjek pada pesan salinan tersebut. Pastikan kolom dibagian bawah sudah pilih menjadi Active.

6. Ketuk Forward As SMS

Ketuk Forward As SMS

Jika semua data copy SMS sudah berhasil diisi, maka cara terakhir silahkan ketuk Forward As SMS. nantinya secara otomatis pesan yang masuk ke perangkat tersebut juga akan masuk ke nomor penerima tanpa adanya biaya tambahan alias gratis, namun membutuhkan adanya koneksi jaringan internet.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa saat ini mengcopy ataupun menyadap pesan SMS dari satu perangkat ke perangkat lain dapat dengan mudah untuk dilakukan. Bahkan beberapa perusahaan penyedia operator seluler di Indonesia juga sudah menyediakan layanan atau fitur forward SMS kepada para pelanggannya.

Demikian sekiranya penjelasan dari Magiorom.com seputar cara mengcopy SMS di HP Android dan iOS tanpa aplikasi ataupun secara gratis dengan aplikasi pihak ketiga. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak mengcopy SMS di HP pasangan ataupun anak.

Tinggalkan komentar