10 Cara Mengatasi Ethernet Doesn’t Have a Valid IP Configuration

Cara Mengatasi Ethernet Doesn’t Have a Valid IP Configuration – Sebagaimana diketahui, ethernet ialah sebuah jaringan yang masuk ke dalam kategori Local Area Network (LAN) atau bisa disebut dengan jaringan area lokal. Dimana jaringan ethernet tersebut membantu perangkat elektronik seperti komputer atau PC bisa digunakan untuk mengakses koneksi jaringan internet dari WiFi.

Akan tetapi, tidak selamanya jaringan ethernet PC tersebut berfungsi dengan baik. Sebab, terdapat beberapa kasus dari beberapa orang mengeluhkan bahwa mereka mengalami sebuah masalah atau error, salah satunya yaitu muncul pesan Ethernet doesn’t have a valid IP configuration. Bahkan masalah tersebut bisa dialami baik itu oleh pengguna Windows 7, 8 maupun 10.

Memang benar jika saat ini Windows sudah dilengkapi dengan fitur Troubleshooting yang bisa digunakan untuk mendeteksi masalah, namun fitur tersebut tidak dapat memberikan solusi untuk mengatasinya. Jadi, solusi untuk memperbaiki masalah Ethernet doesn’t have a valid IP configuration pada perangkat PC harus dilakukan secara manual oleh pemiliknya.

Sebenarnya, cara mengatasi permasalahan jaringan internet di perangkat komputer tersebut terbilang mudah untuk dilakukan, asalkan mengetahui tahapan-tahapannya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap bagaimana cara mengatasi Ethernet doesn’t have a valid IP configuration dilengkapi penyebab permasalahannya.

Penyebab Ethernet Doesn’t Have a Valid IP Configuration

Penyebab Ethernet Doesn’t Have a Valid IP Configuration

Sebelum membahas poin utama mengenai cara mengatasi Ethernet doesn’t have a valid IP configuration lebih lanjut, ada baiknya pahami terlebih dahulu apa penyebab permasalahannya. Mungkin permasalahan Ethernet doesn’t have a valid IP configuration akan memiliki sedikit perbedaan dengan masalah laptop tidak bisa mendeteksi WiFi.

Intinya, masalah Ethernet doesn’t have a valid IP configuration akan terjadi apabila ada yang salah pada konfigurasi IP, PC dan router sehingga pengguna tidak akan bisa berkomunikasi. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan beberapa penyebab Ethernet doesn’t have a valid IP configuration berikut ini, entah itu pada Windows 7, 8 ataupun 10.

  • Pengaturan di bagian TCP/IP tidak sesuai dengan setelan seharusnya.
  • Driver yang digunakan di perangkat untuk LAN tidak berfungsi dengan baik.
  • Terdapat serangan virus ataupun gangguan malware tertentu.
  • Terdapat antivirus tambahan di perangkat sehingga menghambat kinerja jaringan LAN.
  • Adanya gangguan pada jaringan internet yang digunakan.

Cara Mengatasi Ethernet Doesn’t Have a Valid IP Configuration

Seperti dijelaskan sebelumnya solusi untuk memperbaiki Ethernet doesn’t have a valid IP configuration atau dalam bahas Indonesia berarti Ethernet tidak memiliki konfigurasi IP yang valid tergolong cukup mudah, asalkan mengetahui tahapan-tahapannya. Agar lebih jelasnya, di bawah ini akan kami bahas secara lengkap bagaimana cara mengatasi Ethernet doesn’t have a valid IP configuration.

1. Restart Komputer

Seperti halnya kebanyakan masalah, cara mengatasi Ethernet doesn’t have a valid IP configuration pertama yaitu dengan memulai ulang atau restart PC. Kalian mungkin akan melihat pesan pemberitahuan Ethernet doesn’t have a valid IP configuration sementara. Jadi, solusi paling tepat untuk memperbaiki permasalahan tersebut yaitu memulai ulang perangkat.

2. Matikan Antivirus

Seperti sudah kami singgung sebelumnya, masalah Ethernet doesn’t have a valid IP configuration bisa disebabkan karena adanya antivirus yang tidak kompatibel dengan perangkat sehingga menghambat kinerjanya. Maka dari itu, cobalah untuk menonaktifkan atau mematikan antivirus tambahan di komputer. Sebagai gambaran, pada pembahasan sebelumnya juga sudah kami jelaskan bagaimana cara mematikan antivirus Windows 7.

3. Reset Router Jaringan Internet

Cara memperbaiki Ethernet doesn’t have a valid IP configuration selanjutnya yaitu memulai ulang router WiFi. Solusi ini sebenarnya dapat dilakukan, sebab penyebab utama permasalahannya yaitu karena adanya kesalahan router dalam memberikan konfigurasi alamat IP ke komputer.

3. Lepaskan dan Perbarui Alamat IP

Apabila cara di atas belum bisa mengatasi permasalahan Ethernet doesn’t have a valid IP configuration, maka langkah selanjutnya yaitu melepaskan serta memperbarui alamat IP komputer. Dimana cara ini diklaim menjadi solusi terbaik dalam mengatasi masalah konfigurasi IP tidak valid. Adapun tata cara melepaskan kemudian memperbarui alamat IP tersebut diantaranya yaitu seperti berikut ini.

1. Buka Command Prompt

Buka Command Prompt

Langkah pertama, silahkan cari Command Prompt di menu Start di perangkat kalian. Setelah ketemu, silahkan klik kanan Command Prompt dan klik Run as administrator.

2. Ketik ipconfig /release

Ketik ipconfig slash release

Setelah baris perintah atau Command Prompt terbuka, silahkan ketik ipconfig /release kemudian tekan Enter. Langkah ini akan membuat PC melepaskan alamat IP saat ini ke kumpulan alamat yang tersedia di router.

3. Ketik Kembali ipconfig /renew

Ketik Kembali ipconfig slash renew

Cara selanjutnya, silahkan ketik ipconfig /renew dan tekan Enter untuk meminta alamat baru.

4. Restart Komputer

Setelah semua langkah di atas dilakukan, silahkan tutup jendela Command Prompt lalu restart komputer.

4. Periksa Pengaturan Alamat IP Manual

Perlu diketahui, secara default router serta komputer mengunakan protokol DHCP untuk menetapkan alamat IP ke bagian sistem tanpa intervensi. Akan tetapi, jika terdapat masalah seperti Ethernet doesn’t have a valid IP configuration, maka alangkah baiknya lakukan beberapa cara mengatasinya berikut ini.

1. Masuk Menu Control Panel

Masuk Menu Control Panel

Cara pertama, silahkan masuk ke menu Control Panel di komputer kalian.

2. Pilih Network and Sharing Center

Pilih Network and Sharing Center

Setelah berhasil masuk ke menu Control Panel, silahkan pilih opsi Network and Sharing Center.

3. Pilih Change Adapter Settings

Pilih Change Adapter Settings

Cara berikutnya, pilihlah opsi Change adapter settings di bagian kolom sebelah kiri layar komputer.

4. Klik Properties

Klik Properties

Apabila sudah masuk ke menu Change adapter settings, silahkan klik kanan Network adapter yang bermasalah. Selanjutnya, pilihlah Properties.

5. Cari Internet Protocol Version 5 (TCP/IPv4)

Cari Internet Protocol Version 5 TCP IPv4

Lalu akan muncul beberapa pilihan. Setelah itu cari dan klik dua kali opsi Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4).

6. Ubah Alamat IP Secara Manual

Ubah Alamat IP Secara Manual

Langkah berikutnya isilah pengaturan TCP/IPv4 di komputer kalian sama seperti gambar di atas. Jika sudah, silahkan tekan OK.

5. Reset Protokol Jaringan

Apabila langkah-langkah di atas masih belum berhasil dilakukan, maka cara terakhir untuk mengatasi Ethernet doesn’t have a valid IP configuration yaitu dengan mereset protokol jaringan. Dimana cara ini dapat dilakukan melalui baris perintah di Command Prompt. Di bawah ini adalah cara mengatasi konfigurasi IP tidak valid melalui reset protokol jaringan.

1. Jalankan Command Prompt

Jalankan Command Prompt Cara Mengatasi Ethernet Doesn’t Have a Valid IP Configuration

Cara pertama, silahkan jalankan Command Prompt dengan menggunakan Run as administrator.

2. Ketik nets winsock reset

Ketik nets winsock reset Cara Mengatasi Ethernet Doesn’t Have a Valid IP Configuration

Setelah Command Prompt terbuka, silahkan ketik nets winsock reset dan klik Enter.

3. Ketik Kembali netsh int ip reset

Ketik Kembali netsh int ip reset Cara Mengatasi Ethernet Doesn’t Have a Valid IP Configuration

Setelah itu, ketik kembali netsh int ip rest lalu klik Enter.

4. Mulai Ulang Komputer

Jika proses sudah berjalan, silahkan tutup jendela Command Prompt kemudian restart komputer. Apabila sampai tahap ini, maka cara memperbaiki Ethernet doesn’t have a valid IP configuration melalui reset jaringan protokol berhasil dilakukan.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa masalah Ethernet doesn’t have a valid IP configuration disebabkan karena pengaturan TCP/IP para perangkat tidak benar atau bahkan karena adanya masalah pada software antivirus. Selain itu, apabila langkah-langkah di atas dilakukan dengan benar, maka kemungkinan besar masalah tersebut bisa teratasi.

Itulah sekiranya penjelasan dari Magiorom.com seputar cara mengatasi Ethernet doesn’t have a valid IP configuration dilengkapi penyebabnya, entah itu di Windows 7, 8 maupun 10. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin mengatasi masalah kesalahan konfigurasi IP pada perangkat komputer.

Tinggalkan komentar