3 Cara Mengatasi Bottleneck Komputer 2022 : Contoh, Ciri & Penyebab

Cara Mengatasi Bottleneck Komputer – Sebagaimana diketahui, merakit komputer atau PC gaming berkualitas tidak sesederhana membeli CPU atau GPU dengan harga paling mahal. Dimana berbagai macam persiapan perlu dilakukan, seperti penyiapan perangkat keras yang seimbang dan holistik penting untuk diperhatikan sebagai pengalaman bagi para pemula.

Komputer yang seimbang ialah sebuah PC dengan perangkat keras yang tepat untuk beban kerjanya, seperti PC gaming yang harus dirancang secara khusus guna menghindari bottleneck. Dengan komputer seimbang maka perangkat kalian akan mencapai tingkat performa maksimalnya, bahkan tanpa membebani salah satu atau serangkaian komponen untuk bekerja terlalu berat.

Berbicara mengenai bottleneck, pastinya semua pemilik komputer atau PC gaming tidak ingin mengalami kondisi tersebut. Sebab, bottleneck sendiri merupakan sebuah keadaan dimana salah satu komponen dalam komputer bermasalah sehingga membuat performa sistem secara keseluruhan menjadi terhambat.

Meskipun permasalahan tersebut tergolong cukup menjengkelkan dan merepotkan, namun bukan berarti bahwa bottleneck komputer tidak bisa diatasi sama sekali. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan bagaimana cara mengatasi bottleneck komputer dilengkapi dengan sejumlah penyebab permasalahannya.

Apa Itu Bottleneck?

Sebelum pembahasan poin utama mengenai cara mengatasi bottleneck komputer berlanjut, ada baiknya pahami terlebih dahulu sekilas pengertiannya. Seperti dijelaskan sebelumnya, bottleneck atau juga sering disingkat menjadi bonek merupakan salah satu jenis permasalahan yang sering muncul di perangkat komputer atau PC.

Dimana bottleneck sendiri dapat diartikan sebagai sebuah masalah pada salah satu komponen di dalam komputer sehingga mengakibatkan performa sistem kerja secara keseluruhan menjadi terhambat. Sebagai contoh processor yang kalian gunakan bagus, namun VGA kurang bagus sehingga ketidakseimbangan tersebut membuat bottleneck komputer terjadi.

Ciri-Ciri Bottleneck

Pada intinya, bottleneck hanya akan terjadi di komputer dengan spesifikasi tidak seimbang antar komponennya. Biasanya bottleneck komputer bisa ditandai atau diidentifikasi melalui beberapa hal. Adapun ciri-ciri bottleneck komputer tersebut diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

1. Usage Salah Satu Komponen Komputer Full

Ciri pertama bottleneck komputer yaitu adanya usage atau penggunaan penyimpanan salah satu komponen di dalam komputer full. Kalian bisa mengeceknya melalui program tertentu, seperti Task Manager dan lain sebagainya. Apabila komputer terasa lambat serta terlihat resource salah satu komponennya full padahal lainnya tidak, maka kemungkinan besar sedang terjadi bottleneck.

2. Game Patah-Patah

Ciri lainnya dari bottleneck komputer yaitu bisa dilihat ketika sedang bermain game. Sebagai contoh harusnya dengan spek komputer kalian, game yang dimainkan bisa mendapatkan performa tinggi. Namun, karena adanya bottleneck, maka game tersebut justru malah menjadi patah-patah karena sedikitnya FPS.

3. Terjadi Suttering

Ciri terakhir bottleneck kompiter yaitu sering terjadi stuttering. Untuk mengeceknya sendiri kalian bisa melakukannya melalui Task Manager seperti halnya saat mengecek usage storage komponen komputer. Ketika terjadi stuttering, lihatlah aplikasi dengan resource paling tinggi. Kemungkinan besar aplikasi tersebut menjadi penyebab bottleneck.

Penyebab Bottleneck Komputer

Terdapat berbagai macam faktor yang bisa menjadi penyebab bottleneck komputer. Sebagai informasi tambahan, semakin kencang kinerja sebuah komputer, maka pemiliknya wajib memperhatikan berbagai komponen lainnya. Apakah alat tersebut mendukung kinerja satu sama lain atau malah menghambatnya.

Secara garis besar, bottleneck komputer umumnya hanya akan terjadi di bagian CPU dan VGA saja. Akan tetapi, permasalahan tersebut juga sebenarnya dapat terjadi pada komponen lain seperti storage ataupun penyimpanan pada komputer. Supaya bisa mencari tahu bagaimana cara mengatasi bottleneck komputer, ada baiknya pahami beberapa penyebab dari segi aplikasinya berikut ini.

1. Setting Aplikasi

Penyebab pertama bottleneck komputer yaitu karena kesalahan setting aplikasi. Misalkan di dalam game kalian mengatur settingan game ke pengaturan maksimal. Processor sebenarnya sudah bekerja dengan baik menangani gamenya, namun tidak dengan VGA. Jika seperti itu, maka biasanya akan terjadi bottleneck komputer, dimana performanya terkadang cenderung lag.

2. Aplikasi Bermasalah

Memang benar bahwa setiap aplikasi sudah dioptimalisasi oleh developer sehingga bisa berjalan secara maksimal di komputer. Meskipun demikian, kebutuhan resource untuk beberapa hardware tertentu kadang berbeda sehingga bisa menjadi salah satu penyebab bottleneck komputer.

Jenis Bottleneck Komputer

Perlu diketahui, sebenarnya solusi untuk mengatasi bottleneck komputer bisa dilakukan melalui berbagai macam cara. Akan tetapi, supaya cara tersebut dapat berhasil sempurna, maka kalian juga harus mengetahui apa jenis permasalahannya. Sebagai gambaran, berikut adalah contoh ataupun jenis-jenis bottleneck komputer.

1. Bottleneck CPU

Bottleneck CPU

Jenis bottleneck CPU akan terjadi apabila performa processor tidak seimbang dengan komponen lainnya, salah satunya yaitu VGA. Hal ini dikarenakan VGA hanya dapat bekerja setelah mendapatkan tugas dari CPU. Saat kecepatan CPU melambat, maka pastinya tugas yang akan diberikan ke VGA menjadi terhambat.

2. Bottleneck VGA

Bottleneck VGA

Jenis bottleneck komputer selanjutnya yaitu bottleneck VGA. Sebenarnya masalahnya hampir sama seperti jenis bottleneck sebelumnya. Hanya saja kali ini CPU lebih cepat saat memberikan tugas, namun VGA membutuhkan waktu lebih lama dalam menyelesaikannya. Hal tersebut akan membuat tugas dari CPU menumpuk dan dibatasi sampai VGA menyelesaikan semua perintah.

3. Bottleneck Storage

Bottleneck Storage

Pada intinya, semua tugas CPU berasal dari storage. Pada saat kecepatan storage terlalu lambat, maka biasanya bottleneck komputer akan terjadi. Masalah ini kerap ditandai dengan adanya sedikit hang atau sistem tidak merespon saat menjalankan sebuah aplikasi.

4. Bottleneck RAM

Bottleneck RAM

Jenis bottleneck komputer terakhir yaitu karena adanya masalah pada RAM. Dimana bottleneck komputer bisa terjadi entah itu karena kecepatan RAM terlalu lambat atau karena kapasitas RAM terlalu sedikit.

Cara Mengatasi Bottleneck Komputer

Cara Mengatasi Bottleneck Komputer atau PC

Setelah mengetahui apa saja ciri, penyebab hingga jenis-jenis bottleneck komputer, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana cara untuk mengatasi atau menanganinya. Pasalnya, setiap permasalahan pada komputer atau laptop pasti terdapat sebuah solusi untuk memperbaikinya, seperti saat mengatasi laptop tidak bisa mendeteksi WiFi.

Daripada penasaran, tanpa berlama-lama lagi langsung saja perhatikan baik-baik tata cara mengatasi bottleneck komputer berikut ini.

1. Kurangi Beban Pada Komponen Lemah

Cara mengatasi bottleneck komputer pertama yaitu mengurangi beban pada komponen lemah lalu memberi beban lebih berat ke yang lebih kuat. Dalam hal ini apabila CPU menghambat performa GPU, maka tingkatkan settingan kualitas grafis di dalam game sehingga beban GPU meningkat. Meskipun hal tersebut pastinya tidak akan meningkatkan framerate, namun kalian bisa menikmati kualitas gameplay lebih baik serta terhindar dari stutter.

2. Lakukan Overlock Komputer

Melakukan overlock komponen juga bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi bottleneck komputer. Ketika seseorang melakukan overlock, maka aplikasi komputer nantinya akan bekerja lebih cepat sehingga mengurangi efek dari bottleneck. Akan tetapi, sejumlah komponen komputer perlu diperhatikan, karena terdapat beberapa aplikasi tidak dapat di overlock.

3. Upgrade Komponen Komputer

Apabila cara di atas masih belum membantu mengatasi bottleneck komputer, maka jalan satu-satunya yaitu meningkatkan atau upgrade perangkat kalian. Ketika ingin upgrade perangkat, pastikan komponennya dapat mengatasi performa pada komponen komputer lainnya. Cobalah untuk mencari referensi spek anti bottleneck baik dari YouTube ataupun bertanya ke teman.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa penyebab utama bottleneck komputer yaitu karena adanya ketidakseimbangan beberapa komponennya, khususnya pada CPU dan VGA. Meskipun demikian, cara mengatasi bottleneck komputer sebenarnya cukup mudah, asalkan mengetahui bagaimana tahapan-tahapannya.

Demikian sekiranya pembahasan dari Magiorom.com seputar cara mengatasi bottleneck komputer dilengkapi ciri, jenis hingga penyebab permasalahannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin mengatasi bottleneck pada komputer atau PC gaming.

Tinggalkan komentar