13 Cara Mengatasi Black Screen Windows 7 & Penyebabnya

Cara Mengatasi Black Screen Windows 7 – Black Screen of Death (BKSoD) atau lebih dikenal dengan sebutan layar hitam pada desktop ialah sebuah kondisi dimana perangkat seperti komputer atau laptop tengah mengalami kerusakan pada sistem operasi. Dimana masalah black screen sendiri seringkali terjadi pada sistem operasi Windows, khususnya pada Windows 7.

Biasanya kondisi black screen sendiri terjadi ketika hendak menyalakan komputer atau laptop, tetapi tiba-tiba layar desktop berubah menjadi hitam dan kalian hanya bisa menggerakkan kursor mouse saja. Tentunya black screen pada Windows 7 dapat disebabkan oleh sejumlah faktor, entah itu dari segi internal seperti software ataupun eksternal pada hardware.

Memang benar bahwa black screen pada Windows 7 dapat digolongkan ke dalam jenis permasalahan yang cukup serius, namun bukan berarti bahwa kondisi tersebut tidak bisa diatasi sama sekali. Pasalnya, masih ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk memperbaiki ataupun mengatasi permasalahan layar hitam pada Windows 7 tersebut.

Maka dari itu, apabila kalian mengalami masalah serupa seperti di atas, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu apa saja penyebab hingga tata cara mengatasinya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami kan menjelaskan secara lengkap mengenai cara mengatasi black screen Windows 7 dilengkapi sejumlah penyebabnya, entah itu di komputer ataupun laptop.

Penyebab Black Screen Windows 7

Penyebab Black Screen Windows 7

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, munculnya masalah para perangkat seperti laptop dan komputer atau PC tersebut dapat disebabkan oleh sejumlah faktor. Seperti halnya saat mengatasi bottleneck komputer, munculnya permasalahan tersebut bisa disebabkan karena beberapa hal, entah itu dari segi internal maupun eksternal.

Maka dari itu, sebelum pembahasan utama mengenai cara mengatasi black screen Windows 7 lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu beberapa penyebab permasalahannya di bawah ini.

1. File Sistem Corrupt

Penyebab pertama Windows 7 mengalami black screen atau layar hitam yaitu karena adanya file sistem yang corrupt. Pastinya munculnya masalah seperti file sistem corrupt sendiri dapat disebabkan oleh sejumlah hal, mulai dari karena tidak sengaja termodifikasi dan lain sebagainya.

2. Perangkat Terkena Virus

Apabila layar desktop laptop atau komputer berwarna hitam, mungkin saja hal tersebut bisa terjadi karena adanya virus di perangkat. Seperti diketahui, virus-virus tersebut mampu merusak file-file yang berada di dalam sistem operasi Windows 7.

3. Service Windows Bermasalah

Beberapa orang mengeluhkan bahwa terkadang service yang bermasalah pada Windows 7 juga bisa menjadi penyebab black screen komputer. Dimana hal tersebut tentunya akan sangat merepotkan, terlebih lagi jika perangkat hendak digunakan dalam keadaan penting atau darurat.

4. Hardware Sudah Usang

Penyebab desktop Windows 7 black screen terakhir dapat berasal dari segi eksternal yaitu hardware. Dimana jika hardware yang terpasang di dalam perangkat sudah sangat usang, maka kemungkinan hal ini akan menimbulkan berbagai macam masalah, termasuk black screen.

Cara Mengatasi Black Screen Windows 7

Setelah mengetahui beberapa penyebab permasalahan black screen Windows 7 di perangkat laptop ataupun komputer, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana tata cara mengatasinya. Seperti dijelaskan sebelumnya, sebenarnya untuk mengatasi masalah layar hitam Windows 7 sendiri tergolong cukup mudah, asalkan mengetahui tahapan-tahapannya.

Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik tata cara mengatasi black screen Windows 7 pada perangkat laptop ataupun komputer/PC berikut ini.

1. Mulai Ulang Perangkat

Mulai Ulang Perangkat

Cara mengatasi black screen Windows 7 pertama yaitu memulai ulang atau merestart. Tujuan dilakukannya cara ini yaitu supaya semua proses di dalam perangkat bisa termulai ulang kembali. Jika memang tidak ada kerusakan serius, maka cara ini biasanya akan berhasil untuk mengatasi permasalahan layar hitam.

2. Restart Perangkat Lewat Safe Mode

Restart Perangkat Lewat Safe Mode

Jika cara pertama di atas belum berhasil dilakukan, maka bisa saja penyebab masalah berada di tempat lain. Apabila perangkat kalian selalu memunculkan layar hitam setelah melakukan booting, mungkin memang benar bahwa terdapat suatu masalah pada software ataupun sistemnya. Untuk mengatasinya, kalian bisa merestart perangkat melalui safe mode dengan cara mengikuti beberapa langkah di bawah ini.

  • Nyalakan komputer dengan menekan tombol power.
  • Saat proses booting berlangsung, silahkan tekan tombol F8 berulang kali, kemudian pilih Safe Mode dan klik Enter.
  • Pada halaman atau jendela Safe Mode, lakukan restart perangkat dengan menekan CTRL+ALT+DELETE.
  • Tunggulah beberapa saat sampai proses booting selesai dilakukan.

3. Install Ulang Display Adapter

Install Ulang Display Adapter

Cara mengatasi black screen Windows 7 selanjutnya yaitu menginstall ulang Display Adapter. Cara ini dapat dilakukan apabila memang permasalahannya disebabkan oleh Display Adapter. Dimana Display Adapter sendiri berfungsi untuk menampilkan output hasil processing ke layar desktop. Adapun tata cara install ulang Display Adapter tersebut diantaranya yaitu seperti berikut ini.

  • Tekan tombol power untuk menghidupkan perangkat.
  • Masuk ke menu Safe Mode dengan menekan tombol F8 berkali-kali saat proses booting.
  • Kemudian buka jendela Task Manager dengan menekan tombol CTRL+SHIFT+ESC.
  • Setelah itu klik File > pilih New > ketik explorer.exe > tekan OK.
  • Apabila jendela Windows Explorer muncul, cara selanjutnya klik kanan icon Computer kemudian pilih Manage.
  • Lihatlah panel bagian kiri tentang Computer Management, klik Device Manager lalu cari dan pilih Display Adapter.
  • Cara berikutnya, klik kanan driver > pilih Properties > klik Update Driver Software > ikuti seluruh instruksinya.

4. Clean Boot Windows 7

Clean Boot Windows 7

Jika beberapa cara di atas belum berhasil untuk mengatasi black screen Windows 7, mungkin cara selanjutnya yang bisa dilakukan yaitu melakukan Clean Boot. Pasalnya, Clean Boot sendiri membuat perangkat mampu berjalan normal kembali seperti semula. Berikut adalah tata cara Clean Boot Windows 7.

  • Pertama-tama, masuk ke dalam Safe Mode seperti poin sebelumnya.
  • Setelah itu, tekan icon Windows+R > ketik msconfig > tekan Enter.
  • Kemudian klik tab Services > centang bagian Hide all Microsoft services > klik Disable All.
  • Apabila sudah berhasil, silahkan masuk ke tab Startup > klik kembali Disable All > klik Apply > pilih OK.
  • Langkah terakhir, restart komputer.

5. Jalankan Sistem Repair Computer

Jalankan Sistem Repair Computer

Menjalankan sistem Repair Computer juga dapat dijadikan sebagai salah satu solusi untuk mengatasi masalah black screen Windows 7. Cara ini dapat dilakukan untuk memperbaiki semua bugs di dalam sistem operasi Windows 7.

  • Nyalakan perangkat.
  • Saat proses booting, tekan tombol F8 berulang kali, kemudian pilih opsi Repair Your Computer.
  • Pada bagian Select a keyboard input method, pilihlah US > klik Next > tekan OK.
  • Kemudian pilih Startup Repair pada bagian Choose a recovery tool dan tunggulah beberapa menit selama proses berlangsung.
  • Terakhir, klik Finish untuk menyelesaikan proses repair computer.

6. Gunakan Sistem Restore

Gunakan Sistem Restore

Menggunakan sistem restore juga termasuk ke dalam salah satu cara mengatasi black screen Windows 7, entah itu di laptop ataupun komputer. Tujuannya yaitu mungkin saja dengan mengembalikan sistem komputer sebelum terjadi masalah bisa mengatasi layar hitam di Windows 7.

  • Masuk menu Repair Your Computer seperti pada poin sebelumnya.
  • Pada bagian Select a keyboard input method, pilihlah US.
  • Kemudian jika perangkat kalian memiliki password, silahkan masukkan terlebih dahulu. Jika sudah klik OK.
  • Pada jendela System Recovery Options, pilih System Restore.
  • Setelah itu, ikuti semua instruksi di layar.

7. Mengembalikan Konfigurasi Windows 7

Mengembalikan Konfigurasi Windows 7 Untuk Mengatasi

Cara mengatasi black screen Windows 7 berikutnya yaitu mengembalikan konfigurasi seperti semula. Cara ini dapat kalian lakukan dengan menggunakan opsi Last Known Good Configuration (Advanced) pada saat boot ulang Windows 7. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, cara ini diharapkan membuat perangkat dikembalikan konfigurasinya seperti saat terakhir diketahui.

8. Scan Menggunakan Antivirus

Scan Menggunakan Antivirus Windows 7 Untuk Mengatasi

Di atas sudah kami singgung bahwa salah satu penyebab layar hitam Windows 7 yaitu karena adanya virus di dalam sistem operasi. Pastinya virus-virus tersebut mampu merusak file-file di dalam sistem operasi sehingga akan memunculkan beberapa masalah. Maka dari itu, silahkan scan virus tersebut menggunakan software antivirus bawaan Windows 7. Apabila terjadi crash, sebaiknya gunakan antivirus lainnya. Namun, kalian harus menonaktifkan antivirus bawaan Windows 7 terlebih dahulu.

9. Periksa & Ganti Hardware yang Rusak

Periksa Ganti Hardware yang Rusak

Cara mengatasi black screen Windows 7 terakhir yaitu mengecek hardware, apakah terdapat kerusakan dan masih layak dipakai atau tidak, mulai dari RAM, VGA dan lain sebagainya. Jika memang terdapat salah satu hardware yang sudah tidak berfungsi secara normal, sebaiknya konsultasikan dengan orang yang ahli atau bawa ke tempat service.

Kesimpulan

Demikian sekiranya penjelasan dari Magiorom.com seputar cara mengatasi black screen Windows 7 pada perangkat laptop ataupun komputer dilengkapi sejumlah penyebab permasalahannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak mencari solusi untuk memperbaiki masalah layar hitam pada Windows 7.

Tinggalkan komentar