10 Cara Membuat Penangkap Sinyal WiFi Jarak Jauh Sederhana & Murah

Cara Membuat Penangkap Sinyal WiFi Jarak Jauh Sederhana – Sebagai pengguna WiFi atau internet rumahan seperti IndiHome, First Media, Biznet, MyRepublic dan lain sebagainya, mungkin pernah mengalami sinyal atau jaringan yang lemot dan lambat. Padahal, paket internet WiFi tersebut sudah berkualitas premium dengan kecepatan puluhan Mbps.

Perlu diketahui, internet WiFi yang lemot tidak hanya disebabkan karena adanya gangguan pada jaringan seperti maintenance atau pemeliharaan rutin dari jasa penyedianya. Namun, permasalahan tersebut juga sebenarnya dapat terjadi karena router diletakkan di ruangan tertutup sehingga tidak bisa memancarkan jaringan dengan baik ke segala area.

Sebenarnya, permasalahan tersebut masih bisa diatasi menggunakan berbagai macam cara, salah satunya yaitu dengan mensetting router ZTE F609 agar tidak lemot, khusus untuk WiFi IndiHome. Selain itu, kalian juga sebenarnya bisa memperkuat koneksi WiFi di rumah dengan cara membuat penangkap jaringan jarak jauh sederhana dengan minim biaya.

Alasan mengapa bisa dikatakan pembuatan penangkap jaringan WiFi jarak jauh tersebut tidak membutuhkan anggaran dana terlalu besar yaitu karena proses pembuatannya menggunakan barang-barang bekas sederhana. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan membahas secara lengkap bagaimana cara membuat penangkap sinyal WiFi jarak jauh sederhana menggunakan barang-barang bekas.

Alat dan Bahan Membuat Penangkap Sinyal WiFi Jarak Jauh

Sebelum pembahasan poin utama mengenai cara membuat penangkap sinyal WiFi jarak jauh sederhana, ada baiknya pahami terlebih dahulu apa saja alat serta bahan-bahan pembuatannya. Seperti dijelaskan di atas, salah satu tujuan membuat penangkap sinyal WiFi jarak jauh ini yaitu supaya koneksi jaringan dari router tidak lemot ketika digunakan untuk mengakses internet.

Dimana pembuatan penangkap sinyal WiFi jarak jauh ini sebenarnya terbilang sangat mudah dilakukan, asalkan mengetahui tahapan-tahapannya. Daripada penasaran, di bawah ini akan kami berikan beberapa jenis alat dan bahan yang perlu dipersiapkan ketika ingin membuat penangkap sinyal WiFi jarak jauh sederhana.

  • Pisau atau cutter.
  • Spidol.
  • Botol air mineral atau kaleng soda bekas.
  • Lem.
  • Aluminium foil.

Sebagai informasi tambahan, penggunaan aluminium foil dalam pembuatan penangkap sinyal WiFi jarak jauh ini dapat memantulkan jaringan dari router dengan baik sehingga mampu tersebar ke seluruh penjuru arah di dalam rumah atau bangunan lainnya.

Cara Membuat Penangkap Sinyal WiFi Jarak Jauh Sederhana

Cara Membuat Penangkap Sinyal WiFi Jarak Jauh

Setelah mempersiapkan semua alat dan bahan pembuatan penangkap sinyal WiFi jarak jauh sederhana menggunakan barang-barang bekas, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana tata cara pembuatannya. Menurut pengalaman beberapa orang, penggunaan penguat sinyal WiFi jarak jauh sederhana ini mampu meningkatkan kecepatan koneksi internet mencapai 40%.

Memang benar bahwa saat ini sudah tersedia cukup banyak aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk memperkuat koneksi jaringan WiFi. Namun, pastinya setiap aplikasi tersebut memiliki sejumlah kelebihan serta kekurangan sehingga perlu dipertimbangkan kembali. Adapun cara membuat penangkap sinyal WiFi jarak jauh sederhana tersebut diantaranya yaitu seperti berikut ini.

1. Membuat Garis Pada Botol

Langkah pertama, silahkan siapkan beberapa alat dan bahan pembuatan penangkap sinyal WiFi jarak jauh sederhana seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya. Selanjutnya, silahkan buat garis menggunakan spidol sebagai tanda bagian yang nantinya akan dipotong.

2. Potong Botol Bekas

Cara selanjutnya, potonglah botol bekas air mineral tersebut dengan simetris dan rapi sesuai garis yang sudah kalian buat menggunakan spidol sebelumnya. Saran kami sebaiknya pemotongan botol bekas tersebut jangan terlalu kekecilan atau bahkan kebesaran.

3. Rekatkan Aluminium Foil

Cara membuat penangkap sinyal WiFi jarak jauh sederhana selanjutnya yaitu tinggal merekatkan aluminium foil ke permukaan botol. Potonglah aluminium foil sesuai ukuran botolnya. Kemudian, rekatkan potongan aluminium foil tersebut ke permukaan botol menggunakan lem.

4. Membuat Lubang di Tutup Botol

Setelah aluminium foil merekat pada permukaan botol dengan sempurna, maka tahap selanjutnya yaitu membuat lubang di bagian tutup botol. Nantinya lubang pada tutup botol ini digunakan sebagai jalur atau tempat masuknya antena router WiFi.

5. Tempatkan Penangkap Sinyal WiFi di Router

Cara terakhir, silahkan tempatkan atau masukkan antena router WiFi ke dalam botol penangkap sinyal WiFi jarak jauh yang sudah kalian buat sebelumnya. Apabila sudah sampai pada tahap ini, maka langkah-langkah membuat penangkap jaringan WiFi jarak jauh sederhana menggunakan barang bekas berhasil dilakukan.

Selain menggunakan botol bekas, sebenarnya kalian juga bisa memanfaatkan kaleng soda untuk membuat penangkap sinyal WiFi jarak jauh. Tata cara pembuatannya sendiri hampir sama seperti langkah-langkah di atas, hanya saja nantinya kalian perlu membelahnya menjadi dua bagian terpisah.

Cara Membuat Penguat Sinyal WiFi Jarak Jauh

Kalian tidak perlu membuat lubang di bagian kaleng soda untuk tempat kabel atau antena router. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya kaleng soda bekas sendiri umumnya memiliki sebuah lubang di bagian atasnya sehingga bisa dimanfaatkan untuk memasukkan antena router WiFi.

Tips Agar Sinyal WiFi Lebih Maksimal

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap bagaimana cara membuat penangkap sinyal WiFi jarak jauh sederhana menggunakan barang-barang bekas di sekitar. Nah, di bawah ini juga akan kami berikan beberapa tips yang bisa dilakukan supaya WiFi di rumah mampu memancarkan sinyal atau jaringan lebih maksimal.

  • Tempatkan modem WiFi di area tanpa halangan di dalam rumah.
  • Jangan meletakkan modem WiFi di lantai.
  • Jauhkan modem WiFi dari perangkat elektronik lainnya.
  • Arahkan antena router WiFi ke arah berbeda.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa penangkap jaringan WiFi jarak jauh sederhana tersebut mampu mempercepat koneksi internet mencapai 40%. Selain itu, proses pembuatannya juga tidak terlalu membutuhkan biaya terlalu besar karena hanya menggunakan bahan-bahan bekas sederhana di sekitar.

Demikian sekiranya penjelasan dari Magiorom.com seputar cara membuat penangkap sinyal WiFi jarak jauh sederhana menggunakan botol air mineral ataupun kaleng soda bekas. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin membuat penguat sinyal WiFi jarak jauh sederhana di rumah.

Tinggalkan komentar