12 Cara Mematikan Antivirus Windows 7 Sementara & Permanen

Cara Mematikan Antivirus Windows 7 – Sebagaimana diketahui, program antivirus bawaan dari Windows yang bernama Windows Defender membantu kinerja Windows serta komponen perangkat. Dimana saat ini hampir semua seri Windows pada perangkat laptop atau komputer saat ini sudah dibekali dengan software tersebut, salah satunya yaitu Windows 7.

Akan tetapi, terdapat beberapa masalah ketika antivirus sedang tidak bekerja dengan baik sehingga kebanyakan orang ingin menonaktifkan ataupun mematikannya. Munculnya masalah tersebut bisa membuat beberapa program ataupun software yang dianggap sebagai virus, padahal sebenarnya aplikasi tersebut dalam kondisi aman dan tidak membahayakan perangkat.

Namun sayangnya, tidak semua pengguna Windows 7 mengerti bagaimana cara menonaktifkan antivirus di dalam perangkat mereka, entah itu untuk sementara ataupun permanen. Sebenarnya cara mematikan Windows Defender di Windows 7 terbilang mudah untuk dilakukan, asalkan mengetahui tahapan-tahapannya.

Maka dari itu, untuk membantunya kali ini penulis akan menjelaskan secara lengkap bagaimana cara mematikan antivirus Windows 7, baik itu untuk sementara maupun permanen. Selain itu, di bawah ini juga akan dibahas apa saja kelebihan dan kekurangan Windows Defender beserta bahaya mematikannya.

Kelebihan dan Kekurangan Antivirus Windows 7

Sebelum pembahasan utama mengenai cara mematikan antivirus Windows 7 berlanjut, ada baiknya pahami terlebih dahulu beberapa kelebihan serta kekurangan software tersebut. Seperti dijelaskan sebelumnya, antivirus Windows 7 akan selalu aktif serta memberikan peringatan secara up to date apabila terdapat sebuah virus.

Selain itu, Windows Defender juga mampu membersihkan virus secara maksimal pada Windows 7. Bahkan ketika terdapat sebuah virus ganas di perangkat, maka software tersebut akan meminta restart sehingga secara garis besar kinerjanya bisa dikatakan sangat bagus dan bermanfaat.

Meskipun demikian, tetap saja bahwa Windows Defender Windows 7 memiliki beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan. Dimana salah satu kekurangannya yaitu kadang mereka tidak terlalu teliti dalam membedakan virus, bisa saja bukan virus tetapi dianggap sebagai virus.

Di sisi lain, jika kalian menginstall antivirus tambahan, maka kemungkinan besar Windows Defender akan menurunkan kinerja perangkat. Jadi, memang akan lebih baik jika Windows 7, 8 ataupun 10 kalian cukup menggunakan Windows Defender bawaan saja tanpa menambah ataupun menginstall antivirus tambahan.

Cara Mematikan Antivirus Windows 7 Sementara

Setelah mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan antivirus bawaan Windows 7, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana cara mematikan ataupun menonaktifkannya. Perlu diketahui, untuk mematikan Windows Defender Windows 7 di perangkat laptop maupun komputer sebenarnya sama saja.

Mungkin hanya terdapat sedikit perbedaan terkait tujuan mematikan Windows Defender, entah itu untuk sementara ataupun permanen. Agar lebih jelasnya, langsung saja perhatikan baik-baik tata cara mematikan antivirus Windows 7 untuk sementara di bawah ini.

1. Tekan Tombol Start Windows 7

Tekan Tombol Start Windows 7

Langkah pertama, tekan tombol Start pada Windows 7. Biasanya tombol ini berada di bagian pojok kiri bawah layar laptop ataupun komputer/PC dengan gambar bendera Windows.

2. Cari Software Antivirus

Cari Software Antivirus

Cara selanjutnya, silahkan ketikkan Windows Defender pada kolom pencarian aplikasi. Jika sudah ketemu software antivirus Windows Defender, silahkan klik aplikasi tersebut.

3. Pilih Opsi Tools

Pilih Opsi Tools

Kemudian secara otomatis kalian akan di bawah masuk ke dalam program antivirus atau Windows Defender. Untuk melanjutkannya, silahkan pilih opsi Tools yang disimbolkan dengan roda gigi di bagian atas.

4. Ketuk Menu Options

Ketuk Menu Options

Setelah itu akan muncul kembali pop up Tools and Settings. Lalu cara berikutnya yaitu ketuk menu Options.

5. Pilih Administrator

Pilih Administrator

Pada menu Options Windows Defender, akan muncul kembali beberapa pilihan. Silahkan lanjutkan dengan menekan atau memilih menu Administrator. Dimana menu ini biasanya terletak di bagian paling bawah.

6. Matikan Antivirus Windows 7

Matikan Antivirus Windows 7

Berikutnya muncul beberapa pengaturan terkait Windows Defender di Windows 7. Untuk mematikan software antivirus Windows 7, silahkan hilangkan tanda cendang pada kotak Use This Program.

7. Klik Save

Klik Save

Setelah tanda centang pada kolom Use This Program sudah hilang, klik Save. Apabila sudah sampai tahap ini, maka kalian sudah berhasil mematikan antivirus di Windows 7.

Cara Mematikan Antivirus Windows 7 Permanen

Selain melalui beberapa cara di atas, kalian juga sebenarnya masih bisa mematikan antivirus bawaan Windows 7 secara permanen. Hal tersebut tentunya akan membuat kalian tidak bisa mengembalikan Windows Defender kembali seperti semula karena sistemnya sudah dihapus dari perangkat laptop atau komputer.

Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik cara mematikan atau menonaktifkan antivirus bawaan Windows 7 secara permanen berikut ini.

1. Cari Ekstensi Service Manager Windows 7

Cari Ekstensi Service Manager Windows 7

Pertama-tama, silahkan ketuk tombol Start Windows 7 di bagian pojok kiri bawah layar. Selanjutnya, silahkan cari ekstensi Service Manager Windows 7 dengan mengetikkan services.msc.

2. Buka Program Service Manager

Buka Program Service Manager

Setelah ekstensi Service Manager Windows 7 ketemu, silahkan buka program tersebut. Namun, kalian perlu membukanya dengan cara klik kanan, kemudian pilih Run as administrator.

3. Cari Software Antivirus Windows 7

Cari Software Antivirus Windows 7

Nantinya akan muncul cukup banyak program di dalam kotak Service. Cara berikutnya scroll layar ke bawah sampai menemukan antivirus Windows Defender. Untuk membukanya, silahkan double klik pada ikon program Windows Defender.

4. Pilih Disable

Pilih Disable

Jika statusnya masih Started, silahkan klik Stop. Namun, jika statusnya sudah berhenti atau Stopped, maka biarkan saja. Kemudian lanjutkan tahapannya pada kolom Startup Type. Ketuk anak panah ke bawah dan pilihlah Disable.

5. Ketuk Apply

Ketuk Apply

Apabila kolom Startup Type sudah menunjukkan Disable, cara terakhir klik Apply. Apabila sudah sampai tahap ini, biasanya kalian akan diminta untuk merestart laptop ataupun komputer pada saat itu juga. Jika perangkat sudah menyala kembali, maka sudah bisa dipastikan bahwa antivirus di Windows 7 sudah berhenti secara permanen.

Bahaya Mematikan Antivirus Windows 7

Di atas sudah dibahas secara lengkap bagaimana cara mematikan antivirus Windows 7 di perangkat laptop dan komputer, entah itu untuk sementara ataupun selamanya. Setelah kalian menonaktifkan antivirus bawaan Windows 7, perlu diingat bahwa terdapat beberapa hal yang bisa membahayakan perangkat kalian.

Oleh karena itu, sebagai bahan pertimbangan sebelum mematikan program antivirus atau Windows Defender di Windows 7, di bawah ini akan kami berikan beberapa bahaya ataupun akibatnya.

  • Windows 7 menjadi tidak memiliki sistem keamanan.
  • Stabilitas perangkat menjadi terganggu.
  • Sejumlah software atau game mungkin akan terganggu.
  • Perangkat rentan terkena virus atau malware.
  • Sistem pada perangkat akan melemah seperti lag, crash atau bahkan BSOD, terlebih lagi jika sudah terjangkit virus.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa sebenarnya antivirus atau Windows Defender di Windows 7 berperang penting terhadap kesehatan perangkat laptop ataupun komputer kalian. Oleh sebab itu, sebelum mematikan antivirus, ada baiknya pikir dengan matang terlebih dahulu.

Demikian sekiranya pembahasan dari Magiorom.com seputar cara mematikan antivirus Windows 7 untuk sementara dan permanen, baik itu di perangkat laptop maupun komputer. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak menonaktifkan program antivirus bawaan Windows 7.

Tinggalkan komentar