10 Cara Mematikan Antivirus Smadav Untuk Sementara 2022

Cara Mematikan Antivirus Smadav Untuk Sementara – Seperti diketahui, meskipun laptop dan komputer menjadi beberapa jenis barang elektronik serbaguna, namun benda tersebut tidak pernah terlepas dari sejumlah ancaman. Salah satu jenis ancaman yang seringkali menyerang kedua jenis perangkat elektronik tersebut yaitu virus dan malware.

Dimana serangan serta ancaman dari virus tersebut juga kerap menjadi perhatian khusus bagi para developer aplikasi. Maka dari itu, saat ini sudah banyak bermunculan berbagai macam software antivirus yang akan menjaga perangkat dari serangan malware, salah satunya yaitu Smadav. Smadav sendiri merupakan salah satu jenis antivirus buatan Indonesia.

[toc]

Meskipun antivirus tersebut memiliki berbagai macam keunggulan dan terbilang ringan jika digunakan, namun ternyata Smadav masih memiliki beberapa kekurangan, seperti menganggap sebuah file sebagai sebuah virus sehingga pengguna tidak bisa menginstall aplikasi. Apabila sudah seperti itu, maka jalan satu-satunya supaya aplikasi dapat terinstall yaitu dengan menonaktifkan atau mematikan Smadav.

Untungnya, saat ini sudah tersedia berbagai macam cara yang dapat dilakukan ketika ingin menonaktifkan antivirus Smadav untuk sementara. Maka dari itu, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap bagaimana cara mematikan antivirus Smadav untuk sementara di Windows 7, 8 dan 10, entah itu di laptop ataupun komputer/PC.

Keunggulan Antivirus Smadav

Seperti dijelaskan sebelumnya, Smadav mungkin menjadi salah satu dari sekian banyaknya jenis antivirus yang beredar di kalangan masyarakat Indonesia. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya Smadav sendiri merupakan aplikasi buatan Indonesia sehingga tak heran jika antivirus tersebut cukup populer di tahan kelahirannya sendiri.

Mungkin salah satu alasan mengapa banyak orang lebih memilih menggunakan Smadav di perangkat mereka yaitu karena antivirus tersebut dapat bekerja sama dengan antivirus lainnya. Sebagai bahan pertimbangan sebelum pembahasan utama mengenai cara mematikan antivirus Smadav untuk sementara berlanjut, berikut kami berikan beberapa keunggulannya.

  • Smadav berperan sebagai proteksi tambahan.
  • Proteksi terhadap USB flashdisk.
  • Kinerja Smadav ringan.
  • Dilengkapi fitur cleaner serta penghapusan virus.
  • Smadav murah.

Cara Mematikan Antivirus Smadav Untuk Sementara

Perlu diketahui, sebenarnya sebelumnya sudah pernah kami jelaskan secara lengkap bagaimana cara mematikan antivirus bawaan di Windows 7. Nah, ternyata langkah-langkah untuk menonaktifkan antivirus Smadav pada perangkat seperti laptop ataupun komputer juga tergolong sangat mudah, asalkan mengetahui tahapan-tahapannya.

Agar lebih jelasnya, di bawah ini akan kami bahas secara lengkap bagaimana cara mematikan antivirus Smadav Free dan Pro untuk sementara di laptop serta komputer melalui beberapa opsi, entah itu pada Windows 7, 8 maupun 10.

Cara Mematikan Secara Langsung

Cara mematikan antivirus Smadav untuk sementara bisa dilakukan secara langsung dengan cara membuka aplikasinya. Pasalnya, antivirus Smadav sendiri sudah dilengkapi sebuah fitur yang memungkinkan penggunanya untuk menonaktifkan aplikasi apabila memang diperlukan. Berikut adalah tata cara melakukannya.

1. Langkah pertama, silahkan buka antivirus Smadav di perangkat kalian.

Buka Antivirus Smadav

2. Jika sudah, silahkan masuk ke tab Protect di kolom sebelah kiri.

Masuk ke Tab Protect

3. Kemudian ketuk ikon Disable untuk mematikan antivirus Smadav.

Ketuk Ikon Disable

Setelah antivirus Smadav dinonaktifkan, maka nantinya akan muncul kotak pesan pada bagian pojok kanan bawah layar yang berisikan pemberitahuan konfirmasi bahwa aplikasi sudah tidak aktif lagi di perangkat.

Cara Mematikan Lewat Taksbar

Cara selanjutnya yaitu menonaktifkan antivirus Smadav untuk sementara melalui menu Taskbar di bagian pojok kanan bawah layar. Dimana Taskbar sendiri ialah sebuah panel yang disediakan untuk memperlihatkan aplikasi yang sedang aktif pada sistem operasi. Adapun tata cara mematikannya diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

1. Pertama-tama, silahkan lihat dan klik ikon menu Taskbar di bagian pojok kanan bawah layar.

Klik Ikon Menu Taskbar

2. Cara selanjutnya yaitu klik kanan pada ikon antivirus Smadav.

Klik Kanan Ikon Smadav

3. Langkah terakhir, pilih opsi Disable Protection (Until Restart) untuk mematikan antivirus Smadav sementara.

Pilih Opsi Disable Protection Until Restart Mematikan Smadav

Maka secara otomatis antivirus Smadav langsung menghentikan kinerjanya untuk sementara waktu. Smadav akan kembali hidup atau bekerja kembali seperti semula apabila laptop ataupun komputer dimulai ulang. Sebagai informasi tambahan, antivirus Smadav yang sudah menghentikan semua prosesnya ditandai dengan logonya berubah menjadi warna kuning.

Cara Mematikan Lewat Task Manager

Cara Mematikan Lewat Task Manager

Cara terakhir untuk mematikan antivirus Smadav sementara yaitu melalui fitur Task Manager. Pada intinya, menonaktifkan Smadav melalui Task Manager sendiri dapat diartikan dengan menghentikan kinerjanya secara paksa. Daripada penasaran, berikut adalah tata cara menonaktifkan antivirus Smadav lewat Task Manager.

  1. Cara pertama, silahkan buka jendela Task Manager terlebih dahulu.
  2. Apabila jendela Task Manager sudah terbuka, masuklah ke menu bagian Process.
  3. Kemudian, cari aplikasi antivirus Smadav.
  4. Apabila sudah ketemu, silahkan klik End Task.

Cara ini juga hampir sama seperti poin nomor 2, yaitu antivirus Smadav secara otomatis akan langsung behenti bekerja hingga perangkat dimatikan atau sampai penggunanya menghidupkan kembali.

Cara Menghidupkan Antivirus Smadav Kembali

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap bagaimana cara mematikan antivirus Smadav untuk sementara waktu di perangkat laptop ataupun komputer. Nah, untuk menghidupkan kembali antivirus Smadav juga ternyata sangat mudah, tergantung bagaimana cara kalian menonaktifkannya.

Misalkan kalian menggunakan cara pertama untuk mematikan antivirus Smadav, maka untuk menghidupkannya kembali kalian hanya perlu mengikuti beberapa tahap berikut ini.

  1. Jalankan antivirus Smadav.
  2. Kemudian pilih menu Protect di bagian kanan.
  3. Setelah itu, pilih opsi Enable.
  4. Tunggulah beberapa saat sampai ikon Smadav di Taskbar berubah warna menjadi hijau.

Kesimpulan

Demikian sekiranya penjelasan dari Magiorom.com seputar cara mematikan antivirus Smadav untuk sementara di Windows 7, 8 serta 10, baik itu di perangkat komputer/PC ataupun laptop. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak menonaktifkan fungsi antivirus Smadav untuk sementara waktu.

Tinggalkan komentar