Apakah WiFi Mengetahui Apa yang Kita Buka di HP, Laptop & PC?

Apakah WiFi Mengetahui Apa yang Kita Buka – Seperti diketahui, jaringan internet publik seperti WiFi umum pada dasarnya memang menjadi sebuah tempat yang kurang nyaman ketika digunakan. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya banyak celah berbahaya yang bisa dimanfaatkan oleh para pelaku tindak kejahatan untuk melancarkan berbagai macam aksi.

Di beberapa kasus, banyak para pengguna yang mengalami kerugian seperti kehilangan akun ataupun data pribadi ketika mengakses layanan internet menggunakan jaringan WiFi tersebut. Bahkan kini banyak bermunculan asumsi sebagian orang bahwa pemilik ataupun pengelola WiFi dapat mengintip riwayat penelusuran internet pada penggunanya yang seharusnya menjadi sebuah privasi.

Hal inilah yang menjadi kekhawatiran beberapa orang ketika perangkat seperti smartphone, laptop maupun komputer mereka terhubung ke jaringan WiFi, namun data riwayat atau history penelusuran internetnya bisa diketahui. Tentunya hal tersebut tidak ingin dialami, sebab ketika mengakses sebuah data privasi pastinya kalian tidak mau kalau data tersebut disalahgunakan oleh orang lain.

Maka dari itu, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan membahas secara lengkap mengenai sebuah persoalan apakah WiFi mengetahui apa yang kita buka, baik itu dari segi pemilik WiFi maupun perusahaan penyedia jaringan WiFi. Selain itu, di bawah ini juga akan kami jelaskan secara lengkap bagaimana tips supaya pemilik WiFi tidak bisa melihat history penelusuran kita.

Apakah WiFi Mengetahui Apa yang Kita Buka

Apakah WiFi Mengetahui Apa yang Kita Buka di HP Laptop PC

Perlu diketahui, saat ini jaringan WiFi dari berbagai macam perusahaan sudah bisa didapatkan dengan mudah, asalkan daerahnya tercakup ke dalam jangkauannya. Terlebih lagi, saat ini proses pemasangan WiFi di kampung juga dapat dilakukan dengan mudah dan cepat sehingga mampu mencukupi kebutuhan internet sehari-harinya.

Namun, masalahnya berbagai macam risiko akan bermunculan ketika pemilik WiFi mengetahui ataupun mempunyai informasi data apa saja yang kita buka ketika mengakses jaringannya. Bahkan paling parahnya mereka dapat menyalahgunakan data pribadi kita yang sudah tercatat untuk tindak kejahatan, seperti dijual belikan kepada pihak ketiga dan lain sebagainya.

Oleh sebab itulah kalian harus tahu apakah WiFi mengetahui apa yang kita buka, baik itu diakses melalui perangkat smartphone, laptop maupun komputer. Dimana sebenarnya ada dua hal penting yang harus diketahui ketika ingin membahas persoalan tersebut, yaitu mulai dari segi pemilik WiFi serta level penyedia WiFi.

Agar lebih jelasnya, langsung saja perhatikan baik-baik penjelasan mengenai apakah WiFi bisa mengetahui apa yang kita buka di smartphone, laptop dan komputer, baik itu dari sudut pandang pemilik ataupun perusahaan penyedia jaringan WiFi.

Level Pemilik WiFi

Secara sederhananya, jawaban dari pertanyaan apakah WiFi bisa mengetahui apa yang kita buka adalah tidak. Namun, perlu diketahui bahwa akses tersebut sebenarnya tergantung pada kemampuan masing-masing jenis atau merk router jaringan WiFi.

Jadi, pemilik WiFi kemungkinan besar dapat melihat riwayat penelusuran internet dari para penggunanya, asalkan perangkat router mendukung sistem log yang membantu administrator mengetahui beragam aktivitas di dalam jaringan tersebut.

Terlebih lagi saat ini terdapat beberapa aplikasi dan perangkat tambahan yang memungkinkan pemilik WiFi dapat mengetahui apa saja yang diakses oleh penggunanya. Adapun beberapa jenis aplikasi tersebut diantaranya yaitu seperti wireshark, proxy server dan perangkat tambahan seperti router khusus untuk mengetahui apa yang pengguna buka melalui WiFi miliknya.

Level Penyedia WiFi

Sedangkan pada tingkat ISP (Internet Service Provider) sebagai perusahaan penyedia WiFi seperti IndiHome, MyRepublic hingga Biznet, mereka juga akan mengumpulkan daftar riwayat penelusuran situs yang dikunjungi oleh penggunanya. Jadi, jawaban atas pertanyaan apakah WiFi bisa mengetahui apa yang kita buka di perangkat yaitu iya.

Dimana salah satu tujuan penyedia WiFi mengetahui daftar history penelusuran dari penggunanya yaitu karena sebagai bahan pertimbangan untuk meningkatkan kualitas jaringannya. Meskipun demikian, kalian tidak perlu khawatir karena situs web modern biasanya sudah mengaplikasikan protokol kriptografi Secure Socket Layer (SSL) sehingga tingkat keamanan komunikasi melalui jaringan komputer akan terjamin.

Melalui protokol kriptografi tersebut, perusahaan penyedia maupun pemilik WiFi yang ingin mengetahui riwayat penelusuran para pengguna tidak akan bisa melihat informasinya secara spesifik. Jadi, pada intinya mereka tidak akan dapat mengetahui informasi pribadi pengakses WiFi seperti akun, kata sandi, komentar yang ditulis sampai bagian halaman yang sedang dibaca.

Cara Menyembunyikan History Penggunaan WiFi

Cara Menyembunyikan History Penggunaan WiFi

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai persoalan apakah WiFi bisa mengetahui apa yang kita buka ketika mengaksesnya, baik itu di perangkat smartphone, laptop maupun komputer. Sebenarnya saat ini ada salah satu cara yang dapat kalian gunakan supaya tidak ada satu orang pun mengetahui aktivitas internet kalian, yaitu menggunakan VPN.

Dimana VPN atau Virtual Private Network secara sederhana akan membuat jalur rahasia yang berguna untuk menyembunyikan alur komunikasi data di dalam jaringan WiFi publik atau umum. Dengan kata lain, melalui VPN semua informasi pribadi seperti history penelusuran akan lebih aman ketika sedang mengakses jaringan WiFi.

Namun, saran kami sebaiknya hindari penggunaan VPN yang belum terpercaya. Hal tersebut dikarenakan beberapa layanan justru kerap mengambil keuntungan dari jalur komunikasi data miliknya. Jika masih bingung bagaimana cara menggunakan VPN gratis dan aman di laptop, silahkan cek artikel kami sebelumnya.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa sebenarnya pemilik ataupun perusahaan penyedia jaringan WiFi bisa melihat aktivitas para penggunanya. Akan tetapi, jangan khawatir karena adanya sistem protokol kriptografi membuat mereka tidak dapat mengakses informasi pribadi seperti akun, kata sandi, komentar dan lain sebagainya.

Demikian sekiranya pembahasan dari Magiorom.com seputar persoalan mengenai apakah WiFi bisa mengetahui apa yang kita buka, baik itu dari sudut pandang pemilik WiFi maupun perusahaan penyedia jaringan WiFi. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika kalian ingin mengetahui apakah penggunaan WiFi publik aman atau tidak.

Tinggalkan komentar